Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

JPU Protes, Saksi Ahli Pidana Ringankan Dakwaan Ricky Rizal Tidak Cantumkan Surat Tugas

Ahli pidana Firman Wijaya yang dihadirkan meringankan dakwaan Ricky Rizal tidak mencantumkan keterangan surat tugas dari kampus tempatnya bekerja.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in JPU Protes, Saksi Ahli Pidana Ringankan Dakwaan Ricky Rizal Tidak Cantumkan Surat Tugas
Tribunnews.com/Rahmat W. Nugraha
Ahli pidana Firman Wijaya di persidangan tunjukkan surat tugas dari kampus di ponselnya kepada hakim Wahyu di PN Jaksel, Rabu (4/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W. Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa penuntut umum (JPU) protes dengan ahli pidana Firman Wijaya yang dihadirkan meringankan dakwaan Ricky Rizal tidak mencantumkan keterangan surat tugas dari kampus tempatnya bekerja.

Protes tersebut disampaikan JPU dalam sidang lanjutan terdakwa Ricky Rizal di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (4/1/2023).




"Tentunya untuk memberikan keterangan harus disertai dengan surat tugas sehingga dengan demikian kami keberatan jika beliau memberikan keterangan sebagai ahli a de charge tanpa disertai surat tugas dari pihak universitas," kata JPU.

Adapun dalam persidangan tim penasihat hukum Ricky Rizal mengatakan bahwa surat tugas ada tapi belum dicetak.

"Izin majelis, surat tugasnya ada di handphone belum dicetak," ujar Penasihat Hukum Ricky Rizal.

Firman mengklaim surat tersebut telat dicetak karena kampusnya bekerja baru buka 5 Januari 2023.

BERITA TERKAIT

"Jadi pertama saya mohon maaf Yang Mulia sebenarnya baru ditunjuk dalam waktu yang dekat dan memang kampus baru buka tanggal 5, jadi administrasinya, tapi ada suratnya, di ponsel saya," kata Firman

Melihat surat digital di ponsel yang diberikan oleh Firman. Hakim Wahyu dan hakim anggota terlihat berdiskusi kemudian memutuskan mengizinkan Firman bersaksi di persidangan.

"Setelah kami berdiskusi di sini memang tidak disebutkan untuk terdakwa siapa, tapi yang menghadirkan penasihat hukum terdakwa. Jadi kami masih menganggap untuk menerimanya," tegas hakim Wahyu.

Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan kembali menggelar sidang lanjutan perkara dugaan pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, Rabu (4/1/2023).

Adapun sidang kali ini digelar untuk terdakwa Ricky Rizal Wibowo atau Bripka RR.

Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ricky Rizal menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (19/12/2022).  Agenda persidangan hari ini akan menghadirkan Lima saksi ahli dari jaksa penuntut umum (JPU), mulai dari ahli forensik, digital forensik, Inafis, dan kriminologi berikut saksi yang dapat dihadirkan Farah P Karow (ahli forensik), Ade Firmansyah (ahli forensik), Adi Setya (ahli digital forensik), Eko Wahyu Bintoro (ahli inafis), dan Prof Dr Muhamad Mustofa (ahli kriminologi). Warta Kota/YULIANTO
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ricky Rizal menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (19/12/2022).  Agenda persidangan hari ini akan menghadirkan Lima saksi ahli dari jaksa penuntut umum (JPU), mulai dari ahli forensik, digital forensik, Inafis, dan kriminologi berikut saksi yang dapat dihadirkan Farah P Karow (ahli forensik), Ade Firmansyah (ahli forensik), Adi Setya (ahli digital forensik), Eko Wahyu Bintoro (ahli inafis), dan Prof Dr Muhamad Mustofa (ahli kriminologi). Warta Kota/YULIANTO (Warta Kota/YULIANTO)

Jika merujuk pada persidangan sebelumnya, majelis hakim PN Jakarta Selatan masih memberikan kesempatan kepada kubu Ricky Rizal untuk menghadirkan saksi ahli a de charge atau meringankan.

Saat dikonfirmasi, kuasa hukum Ricky Rizal, Erman Umar mengatakan, pihaknya akan menghadirkan dua orang ahli pidana dalam sidang hari ini.

"Ahli pidana, Dr. Firman Wijaya dan Dr. Solahudin," kata Erman.

Nantinya, kedua ahli tersebut akan dimintai keterangannya sesuai dengan keilmuan atau keahlian yang dimiliki perihal perkara yang menjerat Ricky Rizal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas