Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rapat di DPR, Kepala BNPT Paparkan Perkembangan Teror Tanah Air 

Boy Rafli Amar memaparkan perkembangan aksi teror di tanah air, dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Senin (13/2/2023).

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Rapat di DPR, Kepala BNPT Paparkan Perkembangan Teror Tanah Air 
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar memaparkan perkembangan aksi teror di tanah air, dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Senin (13/2/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar memaparkan perkembangan aksi teror di tanah air, dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Senin (13/2/2023).

Pertama, Boy Rafli Amar mengatakan kelompok Jama'ah Ansharud Daulah (JAD) masih melakukan penggalangan dana dengan mencoba merebut simpati masyarakat melalui kegiatan kemanusiaan, khususnya terhadap korban gempa Cianjur lalu.

"Kedua, kelompok Al Jama'ah Al Islamiyah (JI) masih terus memperkuat organisasinga melalui penyelenggaraan acara musyawarah kerja," kata Boy Rafli Amar di Ruang Rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta.

Ketiga, lanjut Boy, aksi teror terus dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua.

Terakhir yakni pada 7 Februari 2023, Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua pimpinan Egianus Kogoya mengklaim telah bertanggung jawab terhadap aksi teror pembakaran pesawat Susi Air yang menyandera pilot berkebangsaan Selandia Baru bernama Philips Max Marthin.

"Insiden tersebut menjadi insiden ketiga terjadi di awal tahun 2023 setelah penembakan terhadap pesawat Trigana dan pesawat Ikairos. Dengan masih adanya ancaman teror baik di berbagai belahan dunia, di tanah air kami masih terus berupaya memaksimalkan serangkaian upaya pencegahan demi meminimalisasi potensi ancaman di tanah air," tandasnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas