Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemampuan Public Speaking Jadi Masalah Baru untuk Generasi Muda

Generasi muda Indonesia dianggap kurang menguasai kemampuan berbicara di hadapan publik atau kemampuan public speaking. 

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Kemampuan Public Speaking Jadi Masalah Baru untuk Generasi Muda
Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah
Public speaker dan trainer nasional, Raden Hanif saat ditemui di kawasan Jakarta, Selasa (14/2/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Generasi muda Indonesia dianggap kurang menguasai kemampuan berbicara di hadapan publik atau kemampuan public speaking

Masalah tersebut diungkapkan oleh public speaker dan trainer nasional, Raden Hanif.




Pernyataan tersebut diungkap oleh Raden Hanif ketika dirinya melatih ratusan public speaking dari beragam kelompok usia dan profesi selama satu tahun terakhir. 

“Saya menanyakan beberapa kali kepada para peserta pelatihan dan juga melalui polling di media sosial saya, ternyata anak muda yang masih takut untuk public speaking jumlahnya selalu di atas 50 persen," kata Raden kepada awak media di Jakarta, Minggu (12/2/2023). 

Lebih lanjut, Raden menjelaskan bahwa skill public speaking memang tidak terelalu dibutuhkan semua orang bagi mereka yang bekerja tidak membutuhkan public speaking. 

Baca juga: TalentHub Ajak Talenta Muda Tangkap Peluang Baru Lewat Update Skill

Kendati begitu, Raden Hanif menambahkan jika kemampuan public speaking tidak bisa dilupakan begitu saja.  

BERITA TERKAIT

“Public speaking ini bukan merupakan skill utama dalam kehidupan. Ada seorang programmer yang mungkin tidak butuh public speaking, ada seorang data scientist, graphic designer atau researcher yang mungkin tidak butuh public speaking," ujar Raden Hanif

"Tetapi perlu diingat pula, public speaking adalah skill tambahan bagi mereka yang ingin value dirinya meningkat," lanjutnya.

CEO Speaking Camp by Raden Hanif ini turut memberikan gambaran terkait pentingnya penguasaan kemampuan public speaking dengan mengutip pernyataan pebisnis terkemuka asal Amerika Serikat Warren Buffet.

"Warren Buffet pun pernah berkata, ‘Dengan menguasai skill public speaking, maka value diri anda akan meningkat sebesar 50 persen’," ucap Raden. 

Kendati begitu, pria yang telah meraih sertifikasi Public Speaker dan Trainer dari BNSP RI ini melihat adanya peningkatan kesadaran cukup signifikan dari generasi muda untuk bisa menguasai skill public speaking

“Saya melihat, anak-anak muda Indonesia saat ini sudah mulai aware atau sadar akan betapa pentingnya menguasai skill public speaking ini, terlihat dari antusiasme mereka yang nampak di media sosial, serta semakin menjamurnya seminar dan pelatihan public speaking, meskipun dalam hal praktiknya masih banyak yang perlu untuk dikembangkan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas