Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Kemenkes Ingatkan Masyarakat Vaksin Sebelum Mudik

Kemenkes meminta masyarakat terutama kalangan lanjut usia yang belum mendapatkan vaksin covid-19 segera divaksinasi.

Editor: Daryono
zoom-in Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Kemenkes Ingatkan Masyarakat Vaksin Sebelum Mudik
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Peserta vaksinasi menerima vaksin Covid-19 pada pelaksanaan vaksinasi booster kedua jenis Pfizer di Yayasan Dana Sosial Priangan, Jalan Nana Rohana, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (13/2/2023). Vaksinasi Covid-19 dosis keempat yang diselenggarakan Masyarakat Tionghoa Peduli bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung ini diikuti sebanyak 1.300 warga Kota Bandung dan sekitarnya usia 18 tahun ke atas yang telah mendaftar secara online. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bulan Ramadhan lalu berlanjut ke Idul Fitri atau lebaran tinggal menghitung bulan.

Terkait hal tersebut Kementerian Kesehatan(Kemenkes) meminta masyarakat terutama kalangan lanjut usia yang belum mendapatkan vaksin covid-19 segera divaksinasi.

Vaksin covid-19 tersebut diperuntukkan untuk masyarakat khususnya lansia baik yang belum vaksin pertama, kedua, booster pertama atau booster kedua.

"Apalagi ini mau masuk bulan Ramadhan sebentar lagi kita mudik lagi. Sayangi orang tua kita yang di kampung ajak mereka vaksin," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril dikutip dari Youtube Kementerian Kesehatan RI, Rabu(15/2/2023).

Baca juga: Pakar Sarankan Vaksin Covid-19 Tetap Diberikan Gratis Walau Pandemi Usai

Menurut Syahril, saat ini meski kondisi dan situasi sudah melandai dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM) telah dicabut, namun pandemi covid-19 belum resmi dikatakan selesai.

Karena itu lanjutnya kemungkinan tertular covid-19 masih tetap ada dan hal tersebut harus dijaga serta diantisipasi.

"Jangan sampai nanti kita datang dari kota orang tua belum divaksin dan mudah tertular dan terinfeksi covid yang sampai saat ini belum selesai," ujar Syahril.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Dr Reisa Broto Asmoro juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak mepet-mepet untuk melakukan vaksinasi covid-19.

Hal tersebut kata Reisa karena antibodi yang diperoleh oleh tubuh manusia setelah vaksin covid-19 baru bereaksi setelah tiga sampai empat minggu setelah disuntik.

"Jangan mepet-mepet, butuh waktu tiga sampai empat minggu mulai muncul antibodi yang maksimal jadi sebelum mudik mungkin sekarang waktu yang tepat, kalau sudah jeda enam bulan booster pertama buruan deh booster kedua. jangan sampai nanti mau mudik baru vaksin," kata Reisa.(Willy Widianto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas