Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Menilai Menteri Rangkap Jabatan Berpotensi Munculkan Konflik Kepentingan 

Ray Rangkuti nilai tidak tepat 2 menteri jadi pengurus dalam satu organisasi olahraga yang sama PSSI, berpotensi munculkan konflik kepentingan

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Pengamat Menilai Menteri Rangkap Jabatan Berpotensi Munculkan Konflik Kepentingan 
tribunnews.com/majid
Erick Thohir, Menpora Zainudin Amali dan Kapolri Listyo Sigit saat foto bersama usai mengadakan konferensi pers mengenai penegakan hukum dan match fixing di Media Center SUGBK, Senayan, Jakarta, Minggu (19/2/2023). Ray Rangkuti nilai tidak tepat 2 menteri jadi pengurus dalam satu organisasi olahraga yang sama PSSI, berpotensi munculkan konflik kepentingan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menilai menteri rangkap jabatan berpotensi munculkan konflik kepentingan

"Sangat tidak tepat dua menteri menjadi pengurus dalam satu organisasi olahraga yang sama PSSI. Dalam hal ini, menteri BUMN Erick Tohir yang terpilih menjadi ketua umum PSSI 2023-2027, dan Zainudin Amali, menteri pemuda dan olah raga, yang menjabat wakil ketua PSSI 2023-2027," kata Ray Rangkuti kepada Tribunnews.com, Senin (20/2/2023).

Menurut Ray Rangkuti, menteri rangkap jabatan seperti mengulang kisah watak dan tabiat pejabat negara di zaman orde baru.




"Entah apa yang ada dibenak mereka. Banyak posisi, banyak jabatan dari pejabat negara seperti mengulang kisah watak dan tabiat pejabat negara di zaman orde baru. Seorang pejabat dengan banyak jabatan lainnya. Akhirnya, kurang fokus, tumpang tindih dan berpotensi besar munculnya konflik kepentingan," lanjutnya.

Ray melanjutkan khususnya dengan Menpora yang menjabat sekaligus sebagai wakil ketua umum PSSI, jelas bertindak tidak adil kepada cabang olah raga lainnya.

"Sebagai Menpora, beliau mestinya mengerti bahwa jabatan itu artinya melindungi dan membidangi semua cabang olah raga, tanpa kecuali. Beliau adalah bapak dari semua cabang olah raga. Bukan hanya bapak dari cabang olah raga sepak bola saja," jelasnya.

Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, Erick Thohir bersama dua Wakilnya, Zainudin Amali dan Ratu Tisha usai kegiatan Kongres Luar Biasa PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).
Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, Erick Thohir bersama dua Wakilnya, Zainudin Amali dan Ratu Tisha usai kegiatan Kongres Luar Biasa PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (tribunnews.com/majid)

Menurut Ray sebagai wakil ketua umum PSSI bukan saja merendahkan jabatannya sebagai Menpora, tapi sekaligus seperti menganak tirikan cabang olah raga yang lain.

BERITA TERKAIT

"Sikap presiden Jokowi yang membiarkan hal ini terjadi, juga tidak tepat. Ini semata bukan persoalan kinerja menterinya, tapi juga soal etika jabatan dan kesadaran membangun komposisi pemerintahan yang beradab," tutupnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas