Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KAI: Penumpang Bisa Bawa Bukti Vaksin Jika SatuSehat Mobile Terkendala saat Boarding

PT KAI mengimbau calon penumpang untuk menunjukkan bukti vaksin saat boarding apabila aplikasi SatuSehat Mobile terkendala.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in KAI: Penumpang Bisa Bawa Bukti Vaksin Jika SatuSehat Mobile Terkendala saat Boarding
SURYA/SURYA/PUR
Sejumlah warga antre masuk menuju kereta api di Stasiun Kereta Api Malang, Jawa Timur, Rabu (1/3/2023). SURYA/PURWANTO PT KAI mengimbau calon penumpang untuk menunjukkan bukti vaksin saat boarding apabila aplikasi SatuSehat Mobile terkendala. 

TRIBUNNEWS.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengimbau calon penumpang untuk dapat menunjukkan dokumen vaksin saat melakukan boarding, sehubungan dengan perubahan aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile per 1 Maret 2023.

Hal tersebut dilakukan apabila aplikasi SatuSehat Mobile mengalami kendala dalam menampilkan status vaksin.

Dokumen vaksin tersebut dapat berupa soft copy yang ditunjukkan di handphone ataupun dokumen fisik.

"Pelanggan untuk sementara waktu diimbau membawa dokumen vaksin sebagai antisipasi jika validasi status vaksin pelanggan saat boarding mengalami gangguan dalam menampilkan status vaksin."

"Hal ini terkait adanya proses migrasi aplikasi PeduliLindungi ke SatuSehat Mobile,” ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus, melalui keterangan tertulisnya, (1/3/2023), dari laman KAI.

Syarat naik kereta api hingga saat ini masih mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

Baca juga: Cara Update Aplikasi PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile, Simak Panduan Berikut Ini

Syarat Naik Kereta Api untuk Umur 18 Tahun ke Atas

BERITA TERKAIT

1. Wajib vaksin ketiga (booster).

2. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis/komorbid, wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Syarat Naik Kereta Api untuk Umur 13-17 Tahun

1. Wajib vaksin kedua.

2. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis/komorbid, wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Syarat Naik Kereta Api untuk Umur 6- 2 Tahun

1. Wajib vaksin kedua.

2. Tidak/belum divaksin, harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan kesehatan, atau harus didampingi orang tua/dewasa yang telah divaksinasi lengkap (vaksin 1, 2, dan booster 1).

3. Bila pendamping belum divaksinasi lengkap karena alasan kesehatan, dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan kesehatan.

Syarat Naik Kereta Api untuk Umur di Bawah 6 Tahun

1. Tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen atau RT-PCR, namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

(Tribunnews.com, Widya)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas