Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nadiem Makarim Minta Guru Sebarkan Ilmu Pemrograman kepada Pengajar Lain

Mendikbudristek Nadiem Makarim meminta para guru yang ikut pelatihan ilmu komputer dan pemrograman CS50x menyebarkan ilmu yang didapatkannya.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Nadiem Makarim Minta Guru Sebarkan Ilmu Pemrograman kepada Pengajar Lain
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1/2023). Raker tersebut membahas evaluasi program kerja dan anggaran tahun 2022 dan persiapan pelaksanaan program kerja tahun 2023. Mendikbudristek Nadiem Makarim meminta para guru yang ikut pelatihan ilmu komputer dan pemrograman CS50x menyebarkan ilmu yang didapatkannya. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim meminta para guru yang ikut pelatihan ilmu komputer dan pemrograman CS50x menyebarkan ilmu yang didapatkannya.

Para guru, kata Nadiem Makarim, dapat menyebarkan ilmu tentang pemrograman kepada para pengajar lainnya di Indonesia.

"Saya ingin mengingatkan kepada para guru peserta, bahwa setelah pelatihan ini, Anda memiliki tugas besar untuk menyebarkan ilmu coding dan pemrograman kepada guru-guru lain,” ujar Nadiem Makarim, di kampus Jakarta Intercultural School (JIS), Cilandak, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Baca juga: Pengertian Software, Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman, dan Program Utility

Nadiem meminta para guru mengembangkan materi pelajaran sesuai kebutuhan dan minat di sekolah masing-masing.

Hal ini, kata dia, sesuai dengan semangat kurikulum Merdeka Belajar, di mana para guru dapat membuat materi pembelajaran berbasis proyek.

"Berbagai tema di dalam kursus CS50x, dapat dipilih para guru dan kepala sekolah untuk diterapkan di sekolah masing-masing, dan diharapkan tak hanya sekadar menjadi materi berbasis text-book. Kurikulum Merdeka Belajar benar-benar mengembalikan otoritas pembelajaran kepada para guru," jelas Nadiem.

Sementara itu, Gordon McKay Professor dalam the Practice of Computer Science Harvard University, David J. Malan, mengatakan CS50 dirancang agar dapat dijangkau oleh banyak orang.

BERITA TERKAIT

"Program ini dirancang untuk mendorong para guru menjadi lebih kreatif dalam menyusun kurikulum pelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat para siswa,” kata David.

Baca juga: ONE Indonesia dan Oracle Academy Akan Latih 1.000 Pendidik Bahasa Pemrograman, AI Hingga Aplikasi

Seperti diketahui, Kemendikbudristek bersama JIS menyelenggarakan serangkaian pelatihan ilmu komputer dan pemrograman CS50x yang merupakan hasil adaptasi dari program pelatihan Computer Science 50 (CS50) dari Universitas Harvard.

CS50 sendiri merupakan satu dari ratusan kelas pelatihan yang digelar Universitas Harvard.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas