Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Golkar Respons Keinginan Ridwan Kamil Maju Lagi di Pilgub Jabar

Golkar tetap membuka kesempatan bagi kader Golkar lainnya untuk maju di Pemilihan kepala daerah (Pilkada) termasuk kursi Gubernur Jawa Barat.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Golkar Respons Keinginan Ridwan Kamil Maju Lagi di Pilgub Jabar
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia usai acara rapat koordinasi teknis pemenangan Pemilu wilayah Jawa I di Hotel Red Top, Jakarta, Rabu (25/1/2023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia merespons soal fokus Ridwan Kamil yang masih tetap ingin berkontestasi di Pemilihan Gubernur Jawa Barat.

Kata Doli, partainya tetap membuka kesempatan bagi kader Golkar lainnya untuk maju di Pemilihan kepala daerah (Pilkada) termasuk kursi Gubernur Jawa Barat.

"Pak Ridwan Kamil kemarin kan menyampaikan dia masih tetap di Jawa Barat. Tapi juga kami tidak menutup kemungkinan kader-kader kita yang lain juga bisa mencoba," kata Doli saat ditemui awak media di Gedung DPR/MPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Doli menyatakan, Partai Golkar juga nantinya akan membuka pendaftaran kepada siapapun kader yang siap untuk menduduki jabatan sebagai kepala daerah.

"Jadi sekarang ini kita kasih exercise saja. Jadi kami membuka pendaftaran kira-kira begitu, siapa yang bersedia dan siap menjadi calon kepala daerah, baik untuk di provinsi maupun kabupaten/kota," katanya.

Doli menyatakan, saat ini fokus Golkar yakni menghadapi Pileg dan Pilpres 2024.

Baca juga: Ridwan Kamil Jadi Magnet Partai Golkar, Kader Baru Terus Bertambah  

BERITA REKOMENDASI

Hal itu dibuktikan kata dia, saat ini Partai pimpinan Airlangga Hartarto tersebut sudah memasukkan nama-nama kader yang ingin menjadi kepala daerah ataupun anggota DPR.

"Kita sekarang sejak dua bulan lalu sudah juga menginventarisir nama-nama calon wakil kepala daerah di seluruh Indonesia. Di setiap daerah itu bisa lebih dari satu, nah itu juga kita masukkan fungsionaris bakal calon anggota DPR atau bakal calon legislatif," tukas Doli.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjawab pertanyaan soal rencana dirinya dalam kontestasi Pemilu 2024.

Ridwan Kamil menegaskan dirinya akan tetap fokus berkontestasi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat pada 2024 mendatang.

RK, sapaannya, memang tak memungkiri bahwa elektabilitasnya sebagai calon presiden lumayan di berbagai hasil survei.

“Saya ini objek di survei bahwa hasilnya lumayan, alhamdulillah. Kan enggak bisa dihindari lah ya karena ada kerja-kerja. Tapi yang pasti fokus yang paling ada di depan mata yaitu Pilgub Jawa Barat di periode kedua,” kata RK setela acara “Executive Education Program for Young Political Leaders 11” di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin (13/3/2023).

RK mengatakan bahwa ia harus taat dengan aturan “rumah barunya”, Partai Golkar, yang mendukung Airlangga Hartanto sebagai capres pada Pilpres 2024.

Pada saat yang sama, Emil juga belum berencana berkontestasi di Pilgub DKI pada 2024 mendatang.

Untuk hal itu, ia akan berbicara dengan Partai Golkar terlebih dulu.

“Di DKI survei bagus saya tahu, tapi pindah provinsi harus ngobrol dengan partai yang menentukan komposisi,” tutur RK.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas