Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: PYCH Beri Kesempatan Anak Muda Papua Kembangkan Kualitasnya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023).

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Jokowi: PYCH Beri Kesempatan Anak Muda Papua Kembangkan Kualitasnya
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai resmikan Papua Youth Creative Hub, Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023).

Jokowi mengatakan PYCH ini akan memberikan kesempatan dan peluang kepada anak muda Papua untuk mengembangkan kualitas yang mereka miliki.

"Ini akan memberikan kesempatan, memberikan peluang kepada anak muda Papua untuk bisa meningkatkan mengembangkan kualitas SDM," kata Jokowi seperti dikutip Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Adapun Jokowi menerangkan bahwa PYCH ini melingkupi berbagai bidang mulai dari peternakan, perikanan, industri kreatif, aplikasi platform, fashion, musik maupun fotografi.

"Apa yang kita lihat di sini betul-betul sangat bagus sekali. Mulai dari yang berkaitan dengan peternakan, kemudian perikanan, kemudian industri - industri kreatifnya, kemudian ada yang membangun aplikasi platform, ada fashion, ada musik, ada fotografi, semuanya di sini ada semuanya," ungkapnya.

Baca juga: Resmikan Gedung PYCH Jayapura, Jokowi Minta Bangun Lagi di NTT, Papua Barat, Maluku, dan Aceh

Berkenaan dengan kemanfaatan tersebut, Jokowi turut memerintahkan agar PYCH kembali dibangun di provinsi lain seperti NTT, Maluku maupun Aceh.

Pembangunan di wilayah tersebut diminta untuk disesuaikan dengan keinginan anak muda di provinsi tersebut.

BERITA TERKAIT

"Karena itu tadi saya perintah ini tidak hanya di Papua saja tapi dibuat juga di NTT, Maluku, Aceh. Mungkin dengan sedikit modifikasi disesuaikan dengan keinginan anak muda di provinsi itu," ujarnya.

Baca juga: PYCH Store Wadahi Produk UMKM Lokal Papua Tembus Pasar Nasional

Sebagai informasi, bangunan yang telah diresmikan orang nomor satu di Indonesia tersebut dibangun di atas lahan seluas 15.000 meter persegi, dengan luas bangunan 3.520 meter persegi, dan bangunan penunjang seluas 1.812 meter persegi.

Gedung PYCH itu berjarak 11 km dari pusat kota Jayapura.

Nilai kontrak pembangunan gedung tersebut, sebesar Rp95,05 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pengerjaan proyek Gedung PYCH tersebut, dimulai sejak 21 September 2021 sampai Desember 2022.

Baca juga: Anak Muda Papua PYCH Berkarya Rakit Gadget dan Laptop, Brandnya Akan Didaftarkan Sebagai HKI

Gedung itu, terdiri dari dua lantai yang meliputi diantaranya adalah gedung utama, asrama, tempat olahraga, aula, dan ruang kesehatan. Gedung PYCH di Papua memiliki tempat parkir yang mampu menampung 53 mobil dan 154 motor.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas