Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat: Koalisi Besar Punya Dinamika Tinggi, Bikin Pusing dan Bingung

Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo menilai peluang terbentuknya Koalisi Besar dibayangi keraguan.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pengamat: Koalisi Besar Punya Dinamika Tinggi, Bikin Pusing dan Bingung
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo didampingi Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, dan Plt Ketua Umum PPP, Mardiono memberikan keterangan pers usai menghadiri "Silaturahmi Ramadan" di Gedung DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). PAN menyelenggarakan "Silaturahmi Ramadan" bersama parpol koalisi Pemerintahan untuk membicarakan hal yang berkaitan dengan komitmen kebangsaan dan juga keberlanjutan pembangunan ke depan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wacana pembentukan Koalisi Besar untuk Pemilu 2024 muncul setelah Ketua Umum Gerindra, PKB, Golkar, PAN dan PPP berkumpul bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor DPP PAN pada Minggu (2/4/2023) lalu.

Koalisi ini juga berpotensi menguat jika PDIP bergabung.

Namun Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo menilai peluang terbentuknya Koalisi Besar dibayangi keraguan.

Hal ini karena ada dinamika politik yang tinggi, dan masing-masing partai politik punya ekspektasinya sendiri soal jatah capres-cawapres.

"Koalisi besar bakal dipusingkan oleh dua hal. Pertama, siapa dapat apa? Kalau PS (Prabowo Subianto) capres, lalu siapa cawapresnya? Golkar dan PKB harga mati soal posisi cawapres. Kalau satu di antaranya gagal jadi cawapres PS, sangat mungkin membentuk embrio koalisi baru atau bergabung ke koalisi Anies Baswedan," kata Rio Prayogo saat dikonfirmasi Rabu (12/4/2023).

Rio menyebutkan ada persoalan tambahan jika memang PDIP ikut bergabung dalam Koalisi Besar. Utamanya soal posisi capres PDIP yang kian menambah dinamika.

"PDIP bagaimana? Terlepas dinamika yang terjadi di antara Jokowi dan PDIP, PDIP masih mungkin bergabung ke Koalisi Besar. Kalau bergabung tentu PDIP pengen nyapres? Kalau demikian akan tekanan baru di mana tekanan itu bisa menjadikan konsep Koalisi Besar ini ter-evaporasi alias menguap," jelasnya.

BERITA REKOMENDASI

Menurutnya wacana pembentukan Koalisi Besar masih sangat cair. Ia meyakini akan ada parpol yang terlempar dari koalisi gabungan tersebut jika harapan-harapan partainya tidak terpenuhi.

Baca juga: Buka Pintu untuk PDIP Gabung Koalisi Besar, Golkar: Harus Ikut Aturan Main

"Koalisi Besar ini sangat cair, saya yakin akan ada terlempar dari situ karena tidak dipenuhinya harapan-harapannya. Belum lagi soal siapa yang jadi kepala suku di dalam koalisi, Golkar bahkan merasa paling berhak kan? Jadi koalisi besar ini sebenarnya tidak hanya bingung, tapi pusing," pungkas Rio.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas