Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sambut Arus Mudik, BPKH Gandeng DMI Revitalisasi 21 Masjid dan Musala di Terminal Jabodetabek

BPKH bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) merevitalisasi 21 masjid dan musala di seluruh terminal di kawasan Jabodetabek.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Sambut Arus Mudik, BPKH Gandeng DMI Revitalisasi 21 Masjid dan Musala di Terminal Jabodetabek
Istimewa
Acara Serah Terima Program Kemaslahatan 2023 BPKH dan DMI, di Gedung DMI, Jakarta, Jumat (14/4/2023). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) merevitalisasi 21 masjid dan musala di seluruh terminal di kawasan Jabodetabek.

Program ini bagian dari menyambut pelaksanaan arus mudik Lebaran Tahun 2023/ 1444 Hijriah.

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah menyampaikan pihaknya menyalurkan bantuan revitalisasi 21 tempat ibadah umat Muslim melalui DMI dengan total dana Rp1,6 miliar.

Dana ini bersumber dari nilai manfaat mengembangan Dana Abadi Umat yang digunakan untuk kemaslahatan.

Hal ini disampaikan Fadlul dalam acara Serah Terima Program Kemaslahatan 2023 BPKH dan DMI, di Gedung DMI, Jakarta, Jumat (14/4/2023).

"Alhamdulillah telah diselesaikan proses revitalisasi dengan berbagai pekerjaan perbaikan sehingga pada saat arus mudik nanti masjid dapat digunakan dan bermanfaat untuk para pemudik yang melakukan safar menuju kampung halamannya, sehingga bisa beribadah dengan nyaman dan khusyu," kata Fadlul.

Baca juga: Siap Hadirkan Informasi Situasi Arus Mudik dan Balik Lebaran, KompasTV Resmi Lepas Tim Liputan Mudik

BERITA REKOMENDASI

Sementara Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan terminal jadi tempat para musafir atau pemudik dalam menunaikan ibadah wajibnya. Sehingga ia menyambut baik upaya BPKH yang membenahi masjid atau musala agar lebih nyaman digunakan.

"Sebagaimana kita ketahui, terminal adalah tempat para musafir menunaikan ibadah wajibnya lewat jama maupun qasar, apalagi jelang musim mudik ini. Ini patut kita apresiasi karena BPKH telah melakukan revitalisasi masjid maupun musala di terminal," kata JK.

JK menyebut perhatian terhadap rumah ibadah khususnya masjid dan musala perlu didukung. Mengingat masjid dan musala di Indonesia terus berkembang pesat bahkan sudah tembus angka 900 ribu bangunan.

Baca juga: Wapres Maruf Berharap Mudik Lebaran Tingkatkan Perekonomian Daerah

"Saat ini mungkin sudah tembus 900 ribu karena berkembang terus," tutur JK.

Adapun dalam menentukan titik lokasi masjid dan musala yang direvitalisasi, BPKH dan DMI berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Darat untuk memberikan rekomendasinya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas