Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kementerian Pertahanan: TNI Harus Lindungi Warga yang Ikut Program Ketahanan Pangan

Komoditas utama yang ditanam dalam program ketahanan pangan di Indramayu adalah jagung.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kementerian Pertahanan: TNI Harus Lindungi Warga yang Ikut Program Ketahanan Pangan
HO
Peresmian Lahan Pertanian Cadangan Logistik Strategis Nasional di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu (16/4/2023). Komoditas utama yang ditanam dalam program tersebut adalah jagung, sedang komoditas lain menyesuaikan dengan kondisi serta harapan masyarakat setempat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pertahanan(Kemenhan) meminta TNI turut andil dalam program ketahanan pangan. Salah satunya melindungi warga yang ikut program ketahanan pangan.

"Tanpa turun tangan dari investor, ketahanan pangan ini berat. Program ini harus dipandu UI. TNI juga harus turut andil melindungi warga yang ikut program ketahanan pangan. Ini semua demi kesejahteraan masyarakat," ujar Pejabat Bagian Urusan Ketahanan Pangan dari Kementerian Pertahanan, Kolonel Edi Sujito saat meresmikan Lahan Pertanian Cadangan Logistik Strategis Nasional di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu(16/4/2023).

Komoditas utama yang ditanam dalam program tersebut adalah jagung, sedang komoditas lain menyesuaikan dengan kondisi serta harapan masyarakat setempat.

Baca juga: SDG Banten Gelar Pelatihan Santri Tani Milenial Dukung Ketahanan Pangan

Komisaris PT Palma Pertiwi Makmur (PT PPM), Ahmad mengatakan terkait program ketahanan pangan pihaknya akan memberikan bantuan berupa benih, pupuk, alat pertanian, hingga jaminan pembelian pasca panen dengan harga yang layak untuk petani.

"Kita nanti akan berikan bantuan tersebut kepada petani," ujarnya.

Ahmad menyatakan untuk tahap awal penanaman dilakukan di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Kalimantan Timur, Papua.

BERITA REKOMENDASI

Sedangkan untuk Kota, Kabupaten di antaranya, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Barat, Lampung Timur, Tanggamus, Subang, Indramayu, Klaten, Cianjur, Wonogiri, Dumai, Rokan Hilir, Siak Kecil, Siak Besar, Raja Ampat, Kutai Kartanegara, Sukabumi, Garut, Pariaman, Pekanbaru, dll.

Presiden Direktur PT PPM, Mardiyanto mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menjalankan amanah konstitusi yang menyebutkan bangsa Indonesia harus terlibat dalam mewujudkan perdamaian dunia salah satu cara yang kami jalankan adalah membantu Pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Ia pun mengajak semua pihak bersama-sama membangun ketahanan pangan Indonesia.

"Ini demi menjawab tantangan ke depan menjadikan Indonesia jadi lumbung pangan dunia," ujarnya.

Dr Suyud W Utomo dari Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia mengatakan, masyarakat juga perlu diedukasi, misalnya bagaimana cara memanfaatkan batang jagung.

"Kami akan mendampingi program ini, mendampingi petani dengan hasil-hasil penelitian pertanian yang bisa membantu petani," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas