Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua DPR Ingatkan Pemerintah Antisipasi Lonjakan Pemudik

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan Pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan pemudik jelang memasuki cuti bersama Idulfitri 1444 H esok hari.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ketua DPR Ingatkan Pemerintah Antisipasi Lonjakan Pemudik
Tribunnews/Rahmat Fajar Nugraha
Pada pemudik tengah menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Selasa (18/4/2023) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan Pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan pemudik jelang memasuki cuti bersama Idulfitri 1444 H esok hari. 

Dia mengingatkan pemerintah, dari pusat hingga daerah, untuk mempersiapkan skenario terbaik demi kenyamanan pemudik.

"Ini akan menjadi mudik kita yang pertama setelah PPKM. Oleh sebab itu, mudik kali ini akan dipadati pemudik yang pulang ke kampung halamannya,” kata Puan, dalam keterangannya Selasa (18/4/2023).




“Sehingga diperlukan kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengurai kemacetan. Jangan sampai ada penumpukan kendaraan di beberapa titik rawan," lanjutnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat mudik lebaran, Puan mengimbau pemerintah pusat dan daerah agar bersinergi untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang akan keluar dari ibu kota. 

Seperti menyiapkan rekasaya lalu lintas di beberapa titik jalur keluar ibu kota.

"Agenda mudik tahunan menjelang Idul Fitri biasanya didominiasi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi menuju kampung halamannya. Pemerintah pusat dan daerah harus memiliki strategi untuk mengurai kemacetan,” ujar Puan.

BERITA TERKAIT

Mantan Menko PMK itu pun meminta Pemerintah untuk menyiapkan strategi paling efektif demi kenyamanan pemudik. Kerja sama lintas instansi, kata Puan, sangat diperlukan.

"Seluruh kementerian dan lembaga, termasuk Kementerian Perhubungan dan Polri, harus bisa bersinergi dengan baik untuk bisa menjaga kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dengan menyiapkan rekayasa lalu lintas dan fasilitas penunjang di posko-posko mudik,” tuturnya.

Puan juga meminta Pemerintah Daerah (Pemda) agar menyiapkan upaya pengurai kemacetan saat pemudik mulai berdatangan di kampung halaman. Termasuk mempersiapkan sarana dan fasilitas yang diperlukan di tempat-tempat wisata.

Baca juga: H-4 Arus Lalu Lintas Naik 30 Persen, Kapolri Perkirakan Ada Lonjakan Pemudik Malam Ini

“Pemda agar bisa memfasilitasi pemudik yang menggunakan transportasi umum ke rumahnya masing-masing,” ucap Puan.

“Dan pastikan kesiapan fasilitas dan petugas di tempat-tempat wisata dan tempat keramaian lain yang biasa menjadi tujuan masyarakat berwisata di libur hari raya,” tandasnya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas