Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Biar Nggak Bikin Macet, Pemudik Diimbau Tak Parkir Kendaraan di Bahu Tol

Pemudik diminta tidak memarkir kendaraan di bahu tol saat hendak melakukan istirahat di perjalanan, menunaikan ibadah salat serta  berbuka puasa.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Biar Nggak Bikin Macet, Pemudik Diimbau Tak Parkir Kendaraan di Bahu Tol
TRIBUNNEWS/Fransiskus Adhiyuda
Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Bariza Sulfi bersama Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Wibowo memantau arus lalu lintas di Km 72 Jalan Tol Cikampek-Palimanan.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, CIKAMPEK - Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Bariza Sulfi menghimbau para pemudik agar mempersipkan segala kebutuhan termasuk perjalanan mudik Idul Fitri 1444 H.

Termasuk diantaranya, saat hendak melakukan istirahat di perjalanan, menunaikan ibadah salat serta  berbuka puasa agar tidak memarkirkan kendaraannya di bahu jalan tol.

Dia khawatir hal tersebut akan mengganggu arus lalu lintas pemudik lainnya.

Berdasarkan pengamatannya, kepadatan kendaraan di ruas Tol Cikampek-Palimanan sempat terjadi pada dini hari tadi, Rabu (19/4/2023) karena banyaknya pemudik yang melakukan sahur di bahu jalan.

"Kami mengharapkan setelah terkendali (arus lalin,l pada saat mau salat Dzuhur, mau salat Ashar dan apalagi berbuka puasa, para pemudik benar-benar bisa memperkirakan di mana bisa berhenti yang tidak mengganggu arus lalin para pemudik lainnya yang mengarah ke Jawa Tengah," kata Brigjen Bariza kepada Tribunnews saat meninjau arus lalin di Km 72 Jalan Tol Cikampek-Palimanan, Rabu (19/4/2023).

Bariza juga mengatakan, bahwa pihaknya telah menerjunkan personil kepolisian yang ditempatkan pada sejumlah rest area.

BERITA TERKAIT

Hal tersebut dilakukan guna mengurai kepadatan arus lalu lintas di sekitar rest area saat jam-jam istirahat atau ibadah salat.

"Intinya persiapan tugas di rest area," imbuhnya.

Baca juga: Polri Perpanjang Sistem One Way Tol Cipali-Kalikangkung Hingga Tengah Malam

Guna memperlancar arus mudik, dia juga telah menerjunkan personil untuk mengatur simpul-simpul contraflow dan one way.

"Kami hanya mengharapkan para pengguna jalan dan pemudik bisa merencanakan dengan baik, kapan berhenti, agar tidak mengganggu arus lalin pemudik lain," jelasnya.

Baca juga: Tiga Pemudik Bergaya Pendekar Curi Perhatian Penumpang di Stasiun Pasar Senen

Sementara, berdasarkan pengamatan di KM 72 Tol Cikampek-Palimanan, arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon dan Jawa Tengaj terpantau lancar. Kecepatan rata-rata kendaraan sekitar 70-80 KM/jam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas