Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BREAKING NEWS:Cuaca Panas Ekstrem Landa Asia Termasuk Indonesia, Suhu Tertinggi 51,2 Derajat Celsius

Benua Asia hari ini dilanda cuaca panas ekstrem. Bahkan di beberapa negara seperti India dan China mengalami 'heatwave' atau gelombang panas.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in BREAKING NEWS:Cuaca Panas Ekstrem Landa Asia Termasuk Indonesia, Suhu Tertinggi 51,2 Derajat Celsius
Tribunnews.com/Sri Juliati
ILUSTRASI cuaca panas - Sejak beberapa hari terakhir, cuaca panas terjadi di Indonesia. Ini penjelasan BMKG soal penyebab cuaca panas. Efek gelombang panas? 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Benua Asia hari ini dilanda cuaca panas ekstrem. Bahkan di beberapa negara seperti India dan China mengalami 'heatwave' atau gelombang panas.

Cuaca panas ekstrem juga terjadi di Indonesia.

Pengukur suhu udara hari ini tercatat mencapai 32 derajat celsius untuk wilayah Jabodetabek

Namun terasa seperti berada di suhu 39 derajat celsius.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG) dalam akun instagram resminya mengatakan suhu panas ekstrem bulan April 2023 ini disebabkan karena gerak semu matahari yang memunculkan lonjakan panas terparah.

Akan tetapi wilayah Indonesia tidak mengalami 'heatwave', meski ada beberapa daerah yang mencatatkan suhu harian tertinggi.

"Ciputat, Tangerang Selatan mencatatkan suhu tertinggi 37,2 derajat celsius pada 17 April 2023 kemarin," tulis BMKG di akun instagram resminya, Senin(24/4/2023).

BERITA REKOMENDASI

Negara Asia lainnya juga tercatat ada yang mengalami suhu panas ekstrem yakni Bangladesh tepatnya di kota Kumarhkali, Kustia yakni 51,2 derajat celsius pada 17 April 2023 lalu.

Baca juga: Cuaca Panas 2023 Sampai Kapan? Ini Penjelasan BMKG

Bahkan di China dan India beberapa sekolah ditutup karena adanya cuaca panas ekstrem dan memunculkan 'heatwave'. (Willy Widianto)
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas