Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nama Andika Perkasa Digadang Bakal Gantikan Johnny G Plate, Berikut Analisa Pengamat

Andika Perkasa dari awal disebut sebagai calon Menkominfo, jika presiden Jokowi melengserkan Johnny Plate orang kepercayaan Surya Paloh

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Nama Andika Perkasa Digadang Bakal Gantikan Johnny G Plate, Berikut Analisa Pengamat
TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan TNI Andika Perkasa di Lapangan Parkir Gor A. Yani Mabes TNI Cilangkap, Jaktim, Jumat (16/12/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) sekaligus Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo.

Status Johnny G Plate sebagai Menkominfo dipastikan segera tergantikan lantaran dirinya sudah tersandung masalah korupsi. Lantas siapa penggantinya?

Satu di antara nama yang disebut-sebut adalah mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

Andika Perkasa dari awal disebut sebagai calon Menkominfo, jika presiden Jokowi melengserkan Johnny Plate orang kepercayaan Surya Paloh Ketua Umum Nasdem.

Pakar Perilaku Sosial dan Broadcaster, Renaldi Zein yang juga mantan anggota Dewan Pengawas RRI mengatakan peristiwa korupsi yang dilakukan oleh oknum pejabat negara belakangan ini yang sangat merugikan rakyat maupun negara.

"Untuk itu, dibutuhkan kepemimpinan yang kuat, berwibawa dan berpengalaman dalam mengisi jabatan setingkat menteri bahkan presiden" ucapnya di Jakarta, Kamis (18/5/2023).

Menurutnya, mantan Panglima TNI Andika Perkasa satu di antara yang memiliki kapasitas kepemimpinan yang kuat, berintegritas tinggi, humanis dan dekat dengan rakyat.

BERITA TERKAIT

Ada banyak prestasi dan terobosan yang ditorehkan selama memimpin tiga matra TNI.

"Andika Perkasa pada saat itu terbilang sukses mengawal keamanan penyelenggaraan G20 yang dihadiri oleh puluhan kepala negara baik presiden maupun perdana menteri."

"Sangat tepat dan bijaksana, Presiden Jokowi segera menunjuk Andika Perkasa sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi. Andika Perkasa sangat pantas dan layak untuk mengisi jabatan tersebut," ujarnya.

renaldi zein sa
Renaldi Zein.

Baca juga: Mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Terima Penghargaan Militer Tertinggi dari Singapura

Reshuffle terakhir?

Sementara itu, Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rifan memprediksi Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal melakukan reshuffle besar-besaran dan juga terakhir usai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) sekaligus Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka kasus BTS Kemenkominfo oleh Kejaksaan Agung.

"Ini boleh jadi reshuffle yang terakhir dan juga reshuffle beberapa menteri yang maju capres-cawapres," kata Ali kepada Tribunnews, Rabu (17/5/2023).

Menurut Ali, akan ada empat sampai lima menteri serta menambah posisi wakil menteri dalam reshuffle kabinet.

"Secara timing ini waktunya sudah tidak banyak lagi. Bisa jadi ini yang besar-besaran," kata dia.

Baca juga: Johnny Plate Tersangka, PPP: Momentum untuk Reshuffle

Lebih lanjut, soal para menteri NasDem yang masih tersisa, yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakal dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ali mengatakan semuanya tergantung posisi NasDem di pemerintah pasca kasus Plate ini.

"Kalau NasDem semakin berjarak, ya bukan tidak mungkin (direshuffle juga). Kalau masih biasa saja, ya masih aman," kata Ali.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas