Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menag Yaqut Lepas Jemaah Haji Kloter Pertama Sekaligus Tinjau Fast Track

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas melepas total 393 jemaah calon haji di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Rabu (24/5/2023) dini hari.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Menag Yaqut Lepas Jemaah Haji Kloter Pertama Sekaligus Tinjau Fast Track
Tribunnews.com/Reynas Abdila
Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas bersama Dubes Arab Saudi Faisal Abdullah Al Amudi. Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas melepas total 393 jemaah calon haji di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Rabu (24/5/2023) dini hari. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas melepas total 393 jemaah calon haji di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Rabu (24/5/2023) dini hari.

“Bersama Dubes Kerajaan Arab Saudi dan perwakilan DPR RO kita mau melepas jemaah haji kloter pertama dari Soetta,” kata Yaqut.

Gus Men, begitu dia akrab disapa juga sekaligus melihat fast track imigrasi yang fungsinya memudahkan para jemaah ketika sampai di tanah suci.

“Jemaah haji begitu tiba tinggal langsung menuju hotel semua sudah diurus jadi memudahkan jemaah haji kita apalagi kita tahu tema haji tahun ini Ramah Lansia dan Berkeadilan,” imbuhnya.

Baca juga: 7.510 Jemaah Haji akan Berangkat Besok, Pemerintah: Suhu Madinah 41 Derajat, Perbanyak Minum

Menurut Gus Men, layanan fast track berkerjasama dengan pemerintah Kerajaan Saudi Arabia sangat membantu.

Selain itu, Menteri Yaqut mengatakan pihak DPR mendorong agar layanan fast track tidak hanya di Bandara Soetta.

BERITA TERKAIT

“DPR memberikan dukungan kepada kita semua agar tahun depan fast track bisa dilakukan di beberapa kota setidaknya tempat-tempat yang jumlah jemaahnya banyak seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ucapnya.

Berdasarkan data yang diperoleh, 393 orang yang diberangkatkan terdiri atas 385 calon jemaah haji dengan rincian 165 laki-laki dan 220 perempuan serta 8 petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Para jemaah calon haji diberangkatkan menggunakan 10 bus yang telah disediakan dari Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur.

Jemaah calon haji kloter pertama tersebut dijadwalkan terbang pada pukul 00.30 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA7301.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas