Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Indonesia Masuk Endemi, Aplikasi Satu Sehat Jadi Citizen Health Apps

Sebelumnya, aplikasi Satu Sehat merupakan transformasi dari Peduli Lindungi yang dirancang khusus saat pandemi Covid-19.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Erik S
zoom-in Indonesia Masuk Endemi, Aplikasi Satu Sehat Jadi Citizen Health Apps
istimewa
Aplikasi Satu Sehat - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal memperluas manfaat aplikasi Satu Sehat menjadi Citizen Health Application atau aplikasi kesehatan bagi masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal memperluas manfaat aplikasi Satu Sehat menjadi Citizen Health Application atau aplikasi kesehatan bagi masyarakat.

Sebelumnya, aplikasi Satu Sehat merupakan transformasi dari Peduli Lindungi yang dirancang khusus saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Indonesia Masuk Endemi, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Sarankan Tetap Gunakan Masker Pada Kondisi Ini

Nadia mempaparkan, pada aplikasi Satu Sehat tak hanya ada riwayat vaksinasi Covid-19 namun juga bisa menyimpan data kesehatan pribadi jadwal imunisasi maupun resume kesehatan yakni hasil pemeriksaan lab.

"Aplikasi Satu Sehat menjadi citizen health apps. Nantinya bisa data kesehatan pribadi, jadwal imunisasi maupun pemeriksaan lab," ujar Nadia saat dihubungi Tribunnews.com, Rabu (21/6/2023).

Secara umum aplikasi Satu Sehat dikembangkan menjadi penyimpanan rekam medis elektronik, promosi kesehatan, profil obat, layanan dan penggunaan obat, BOR rumah sakit, sistem peringatan dini, tracing dan testing, hingga layanan telemedicine terintegrasi.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa Pandemi Covid-19 menjadi peluang bagi Indonesia untuk melaksanakan transformasi sistem kesehatan.

BERITA TERKAIT

''Melalui transformasi teknologi kesehatan ditargetkan untuk meningkatkan diagnosis dan terapi bagi penyakit yang signifikan di Indonesia seperti Diabetes, Tuberkulosis, Stroke, dan lainnya,'' ujar Menkes Budi pada kegiatan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Indonesia Resmi Masuk Endemi, Kemenkes Sebut Teknis Pengobatan Covid-19 Berbayar Masih Dibahas

Diketahui, Presiden Jokowi resmi mengumumkan, Indonesia telah memasuki era endemi pada Rabu (21/6/2023).

Pemerintah memutuskan hal itu dengan sejumlah pertimbangan. Diantaranya yakni angka konfirmasi harian kasus Covid-19 yang mendekati nihil. Selain itu hasil sero survei telah menunjukan bahwa 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibody Covid-19.

Meskipun sudah tidak lagi pandemi, Jokowi meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas