Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Abdul Mu'ti Imbau Warga Muhammadiyah Sembelih Hewan Kurban Kamis Besok

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah dapat menyembelih hewan kurban pada esok.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Abdul Mu'ti Imbau Warga Muhammadiyah Sembelih Hewan Kurban Kamis Besok
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti saat ditemui usai menjadi Khotib salat iduladha di Masjid Al Huda Muhammadiyah, Tebet Jakarta Selatan, Rabu (28/6/2023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah dapat menyembelih hewan kurban pada esok hari, Kamis (29/6/2023), sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Imbauan itu disampaikan oleh Abdul Mu'ti mengingat besok merupakan hari Tasyrik yang mana memang terkandung juga dalam hadist Nabi Muhammad.




Pada hari Tasyrik tersebut yang jatuh terhitung setelah tanggal 10 Dzulhijjah merupakan sunnah bagi umat Islam untuk melaksanakan pemotongan hewan kurban.

"Kami sekali lagi mengimbau bagi umat islam yang sudah ber Idul adha hari ini untuk penyembelihan kurban nya dapat dilaksanakan besok selama Hari tasyrik. Karena itu pun juga boleh sesuai dengan hadis nabi," kata Mu'ti usai menjadi Khotib di Masjid Al Huda Muhammadiyah, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (28/6/2023).

Baca juga: Salat Idul Adha 1444 Hijriah, Ribuan Warga Muhammadiyah Padati Masjid Agung Al Azhar

Meski demikian, kata dia, bukan berarti penyembelihan kurban dilarang pada hari ini untuk warga Muhammadiyah.

Hal itu boleh saja dilakukan asal keperluan tersebut mendesak atau immediate.

BERITA TERKAIT

"Tetapi toh kalau ada yang menyembelih hari ini mungkin tidak seluruhnya,sebagian saja karena mungkin itu untuk keperluan yang sangat immediate," ucap Mu'ti.

Jika tidak kepentingan mendesak maka PP Muhammadiyah, kata Mu'ti, menganjurkan agar penyembelihan qurban dibarengi dengan pemerintah.

Lebih lanjut, Mu'ti juga menyikapi soal perbedaan waktu perayaan IdulAdha antara pemerintah dengan Muhammadiyah tahun ini.

Menurut dia, perbedaan tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia melainkan untuk seluruh umat muslim di Dunia.

"Jadi ini bukan perbedaan head to head antara Muhammadiyah dengan pemerintah karena yang salat iduladha hari ini bukan hanya muhammadiyah. banyak juga umat islam yang juga salat iduladha pada hari ini," kata Mu'ti.

"Karena mereka sebagain seperti Muhammadiyah mengikuti perhitungan hisab tapi sebagain umat islam mengikuti Arab Saudi," tukas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas