Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Heran Sering Ditanya Soal IKN: Sebetulnya Ada Masalah Ya?

Anies Baswedan mengaku heran persoalan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara sering ditanyakan kepada dirinya.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Anies Heran Sering Ditanya Soal IKN: Sebetulnya Ada Masalah Ya?
Tangkap layar akun YouTube KompasTV
Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Walikota Bogor sekaligus Ketua APEKSI, Bima Arya di acara Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, di Makassar, Kamis (13/7/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengaku heran persoalan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara sering ditanyakan kepada dirinya.

Padahal kata Anies, pertanyaan akan sering muncul jika sebuah kebijakan bermasalah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun bertanya apakah pembangunan IKN Nusantara sebetulnya menimbulkan masalah?

"Jadi saya melihat bila ini adalah rencana yang baik ya pasti jalan terus. Tapi bila ini ada masalah, saya juga kadang-kadang heran kenapa sering ditanyakan ya, apa ada masalah sebetulnya?" kata Anies di hadapan seluruh walikota se-Indonesia dalam acara Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, di Makassar, ditulis Jumat (14/7/2023).

Ia kemudian mencontohkan mengapa dirinya tidak pernah ditanyakan soal pangan murah, hingga subsidi BBM. Tapi pertanyaan yang kerap muncul dan ditujukan kepadanya justru seputar IKN.

"Kok saya tidak ditanyain bagaimana dengan pangan murah, bagaimana dengan subsidi BBM. Itu nggak pernah ditanyakan. Tapi IKN selalu ditanyakan," ungkap Anies.

Baca juga: Jawaban Anies Soal IKN: Jika Dasarnya Baik, Harusnya Tak Perlu Pakai Otot Politik

Anies pun menduga bisa jadi banyak masyarakat yang sebenarnya mempertanyakan soal pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

BERITA TERKAIT

"Apa sebenarnya dalam alam bawah sadar kita ada pertanyaan sebenarnya? Cukup sampai di situ jawaban saya," pungkas Anies.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas