Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dewan Pakar Golkar Desak Hasil Sidang Etik Lawrence Siburian-Ridwan Hisjam Dibuka

Sekretaris Dewan Pakar Partai Golkar Ganjar Razuni meminta hasil sidang etik terhadap Lawrence Siburian dan Ridwan Hisjam diumumkan ke publik.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Dewan Pakar Golkar Desak Hasil Sidang Etik Lawrence Siburian-Ridwan Hisjam Dibuka
Tribunnews.com/ Igman Ibrahim
Wakil Ketua Umum DEPINAS SOKSI Lawrence Siburian usai diperiksa Dewan Etik Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta, Senin (17/7/2023). Sekretaris Dewan Pakar Partai Golkar Ganjar Razuni meminta hasil sidang etik terhadap Lawrence Siburian dan Ridwan Hisjam diumumkan ke publik. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Dewan Pakar Partai Golkar Ganjar Razuni meminta hasil sidang etik terhadap Lawrence Siburian dan Ridwan Hisjam diumumkan ke publik.

Lawrence dan Ridwan disidang etik oleh Dewan Etik Partai Golkar karena mewacanakan musyawarah nasional luar biasa (Munaslub).

Ganjar menegaskan penegakan etik bukan sekedar tanggungjawab Dewan Etik Partai Golkar.

"Namun ini merupakan tanggungjawab moril Dewan Etik kepada seluruh warga, anggota dan kader Partai Golkar, dan bahkan kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Ganjar kepada wartawan, Selasa (18/7/2023).

Dewan Partai Golkar memanggil Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) Lawrence Siburian, pada Senin (17/7/2023).
Dewan Partai Golkar memanggil Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) Lawrence Siburian, pada Senin (17/7/2023). (Dokumentasi Golkar)

Dia menjelaskan Dewan Etik memiliki tugas untuk memberikan pelajaran politik terutama dalam menghadapi krisis etika dan dekadensi moralitas.

"Putusan akhir Dewan Etik akan menjadi pembelajaran yang berharga bagi semua pihak," ujar Ganjar.

Ganjar mengingatkan pentingnya keterbukaan agar publik tak berburuk sangka terhadap Dewan Etik Partai Golkar.

BERITA TERKAIT

"Bahkan bisa berpotensi menjadi sumber fitnah melalui apa yang disebut sebagai politik transaksional yang dapat mencederai kehormatan dan keluhuran Dewan Etik itu sendiri," ucapnya.

Menurutnya, dibukanya hasil sidang etik justru membuat Dewan Etik berwibawa di mata masyarakat.

"Bahkan hasil putusan Dewan Etik itu jika dipublish dapat dijadikan bahan pembelajaran dan bahan studi tesis atau bahkan disertasi di bidang ilmu politik, ilmu hukum, dan filsafat politik," jelas Ganjar.

Kendati demikian, Ganjar menegaskan Dewan Etik harus cermat menilai masalah mana yang masuk kategori pelanggaran.

"Tidak boleh juga bahwa berbeda pendapat dan pikiran dimasukkan kategori potensi pelanggaran etik. Ini justru bisa membahayakan kebebasan menyampaikan pendapat dan pikiran," imbuhnya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas