Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Moeldoko: Negara ASEAN Sepakat Ciptakan Kawasan yang Damai

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan ASEAN masih menjadi wadah yang utuh bagi negara-negara kawasan Asia Tenggara.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Moeldoko: Negara ASEAN Sepakat Ciptakan Kawasan yang Damai
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah kepala negara yang hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN dan KTT lainnya, di Jakarta Convention Center, Selasa (5/9/2023). Indonesia memulai hari pertama keketuaan ASEAN dalam KTT ke-43 di Jakarta pada Selasa ini dan berlanjut hingga tanggal 7 September 2023 mendatang. Dalam perhelatan kali ini, tercatat sebanyak 22 negara akan hadir, terdiri atas 11 negara anggota ASEAN. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan ASEAN masih menjadi wadah yang utuh bagi negara-negara kawasan Asia Tenggara.

Negara-negara ASEAN, kata Moeldoko, sepakat untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

"ASEAN tetap merupakan wadah yang utuh dan ASEAN punya kesepakatan, yaitu menjadikan pusat pertumbuhan ekonomi, epicentrum of growth, yang kedua, ingin bangun ekosistem EV di kawasan ASEAN," ujar Moeldoko di Media Center ASEAN, JCC, Jakarta, Selasa (5/9/2023).




Menurut Moeldoko, kekuatan negara ASEAN akan semakin solid dengan kehadiran negara di luar kawasan Asia Tenggara.

Ekonomi di kawasan Asia Tenggara, kata Moeldoko, akan digerakan bersama-sama oleh negara ASEAN.

"Itu akan diperkuat lagi oleh kehadiran beberapa negara plus plus tadi yang akan memperkuat dari sisi bagaimana ekonomi akan menjadi hal yang akan digerakkan bersama," tutur Moeldoko.

Selain itu, Moeldoko mengatakan negara-negara ASEAN berupaya menciptakan stabilitas.

BERITA TERKAIT

Langkah ini dilakukan untuk menghadirkan perdamaian dan kesejahteraan bagi negara ASEAN.

"Dan kedua bagaimana membangun kawasan ini yang semakin stabil. Intinya adalah bagaimana menuju kepada peace, kesejahteraan dan kedamaian," pungkas Moeldoko.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka sesi pleno dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di JCC, Jakarta.

Baca juga: Presiden Jokowi Ingatkan ASEAN Tidak Imun Terhadap Tantangan Global

Dalam sesi pleno tersebut, hadir para pemimpin negara di kawasan ASEAN di antaranya Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone, PM Kamboja Hun Manet, Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Timor-Leste Xanana Gusmao, PM Cook Islands Mark Brown, Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin, dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas