Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Sebut Perlu Ada Kemitraan ASEAN-Korsel soal Transisi Energi dan Transformasi Digital

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memandang perlu adanya kemitraan antara ASEAN dengan Korea Selatan. 

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jokowi Sebut Perlu Ada Kemitraan ASEAN-Korsel soal Transisi Energi dan Transformasi Digital
Istana Kepresidenan / Agus Suparto
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka KTT ASEAN-Korea Selatan ke-24 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu, (6/9/2023). Jokowi mengatakan bagi Indonesia kerjasama ASEAN-Korea Selatan merupakan kerjasama masa depan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memandang perlu adanya kemitraan antara ASEAN dengan Korea Selatan

Adapun kemitraan ASEAN dan Korea Selatan itu, dikatakan Jokowi, bertujuan untuk masa depan, dengan fokus pada sektor transisi energi dan transformasi digital.

"Bagi Indonesia m, kemitraan ASEAN-Korea adalah partnership of the future, dengan pilar utama transisi energi dan transformasi digital," kata Jokowi saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-Korea Selatan di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023). 




Jokowi menyebut ekonomi digital ASEAN diperkirakan akan menyumbang 1 triliun dollar AS terhadap produk domestik bruto (PDB) kawasan selama 1 dekade ke depan. 

"Namun transisi energi dan transformasi digital butuh investasi dan transfer teknologi yang tidak sedikit sehingga dibutuhkan kolaborasi dan kemitraan untuk mewujudkannya," kata dia.

Jokowi juga menjelaskan bahwa kemitraan untuk masa depan hanya bisa dicapai jika stabilitas kawasan terjaga, tensi dan rivalitas diturunkan. 

"Jika strategic trust dipertebal dan jika habit of cooperation ditingkatkan. Ini merupakan tanggung jawab kita semua yang berada di kawasan Indopasifik," tambah Jokowi .

BERITA TERKAIT

Jokowi lantas menyambut dukungan Korea Selatan terhadap ASEAN-Indopacific Forum. 

Baca juga: Myanmar Batal Jadi Pemimpin ASEAN Berikutnya, Pukulan Keras Bagi Para Jenderal

"Ini adalah wujud nyata kerja sama inklusif untuk menjaga stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Indopasifik," tandas Jokowi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas