Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: Australia Bukan Hanya Sekadar Tetangga, tapi Mitra Komprehensif Strategis

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan bahwa Australia memiliki posisi spesial sekaligus strategis bagi ASEAN.

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jokowi: Australia Bukan Hanya Sekadar Tetangga, tapi Mitra Komprehensif Strategis
Youtube Kemkominfo TV
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese disambut Presiden Jokowi saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis (7/9/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan bahwa Australia memiliki posisi spesial sekaligus strategis bagi ASEAN.

"Australia bukan hanya sekedar tetangga, melainkan mitra komprehensif strategis, sekaligus penghubung dengan kawasan pasifik," kata Jokowi di hadapan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, saat membuka KTT ASEAN-Australia, Kamis (7/9/2023)

Jokowi menambahkan ASEAN juga punya posisi penting bagi Australia, yakni mitra dagang dengan nilai perdagangan yang sangat besar.

"Dengan nilai perdagangan lebih tinggi dibandingkan Amerika Serikat (AS) dan Jepang, sehingga apa yang terjadi di Indo-Pacific akan berdampak besar bagi Australia maupun Asia," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menekankan Australia punya kepentingan dan tanggung jawab untuk menjaga Indo-Pacific tetap damai, stabil, dan menjadikannya sebagai epicentrum of growth.

"ASEAN sangat menghargai dukungan Australia dalam ASEAN Outlook Indo-Pacific serta partisipasi aktif Australia dalam ASEAN Indo-Pacific Forum, terutama peran aktif PM Albanese. Terima kasih PM Albanese," ujarnya.

Baca juga: Jokowi: ASEAN-Australia Miliki Tanggung Jawab Jaga Indo Pasifik Damai dan Stabil

Selain mendorong kerja sama dengan Australia, Jokowi juga mengatakan ASEAN telah resmi menjalin kerja sama dengan Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Pacific Island Forum.

BERITA TERKAIT

"ASEAN juga berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama yang menguntungkan dengan Australia," ujar Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas