Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei Ipsos Terbaru: Ganjar Unggul di Kalangan Milenial dan Gen Z

elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo unggul di kalangan milenial (usia 25-39 tahun) dan Gen Z (usia 17-24 tahun).

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Survei Ipsos Terbaru: Ganjar Unggul di Kalangan Milenial dan Gen Z
Istimewa
Momen Ganjar Pranowo menangis saat pamitan di hadapin ribuan Jawa Tengah yang berkumpul halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang Selasa sore. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil survei yang dilakukan Ipsos Public Affairs menyebutkan bahwa elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo unggul di kalangan milenial (usia 25-39 tahun) dan Gen Z (usia 17-24 tahun).

Hasil survei Ipsos menyebutkan bahwa di kalangan milenial, elektabilitas Ganjar sebesar 39,90 persen, dan di Gen Z sebesar 42,40 persen.

Peneliti senior Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam menilai elektabilitas Ganjar lebih unggul di kalangan milenial dan gen z karena mantan Gubernur Jawa Tengah itu lebih aktif di media sosial.

Menurut dia, konten yang disampaikan Ganjar di medsos pribadinya mendapatkan atensi dari kalangan milenial dan Gen Z.

“Cara kampanye Ganjar lebih diterima di kalangan milenial dan Gen Z karena Ganjar lebih aktif di sosial media. Aktif dan bahasanya membumi,” kata Arif kepada wartawan di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Cara Ganjar bermedsos tersebut menurut Arif, menjadi daya tarik untuk kalangan milenial dan Gen Z. Arif menilai cara bermedsos Ganjar.

Ganjar memang jago dalam penggunaan medsos, sama seperti Ridwan Kamil (RK) yang mampu menggaet kalangan milenial dan Gen Z.

BERITA REKOMENDASI

“Namun RK bukan tokoh potensial yang maju sebagai capres. Karena itu, dibandingkan Prabowo dan Anies, Ganjar jauh lebih aktif dan atraktif di sosmed,” ucap dia.

Arif mengatakan pemilih milenial dan Gen Z di Pemilu 2024 jumlahnya diperkirakqn sebanyak 56 persen dari total suara. Karena itu suara dari kedua kalangan tersebut sangat potensial diperebutkan para kandidat.

Hasil survei Ipsos menyebutkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di kalangan Gen Z (17-24 tahun) yaitu sebesar 42,40 persen. Sementara itu, Prabowo Subianto sebesar 41,6 persen, Anies Baswedan 16 persen.

Di kalangan milenial (25-39 tahun), Ganjar masih unggul di angka 39,90 persen, lalu Prabowo 35,71 persen, dan Anies Baswedan 24,38 persen.

Sementara itu di kalangan pemilih dengan rentang usia 40-49 tahun, Ganjar (35,42 persen), Prabowo (41,67 persen), dan Anies (22,92 persen).

Di kalangan pemilih dengan rentang usia 50-59 tahun, Ganjar (47,90 persen), Prabowo (29,41 persen), dan Anies Baswedan (22,69 persen).

Di kalangan pemilih usia di atas 60 tahun yaitu Ganjar (27,27 persen), Prabowo (36,36 persen), dan Anies Baswedan (36,36 persen).

Baca juga: Golkar Tegaskan Komitmen Dukung Prabowo Meski Ada Isu Ridwan Kamil Kandidat Cawapres Ganjar

Survei Ipsos digelar pada 22- 27 Agustus di 24 provinsi, di daerah perkotaan dan perdesaan, menggunakan metode wawancara tatap muka dengan 1200  responden dengan menggunakan aplikasi Ipsos Ifield yang merupakan sistem Computer -Assisted Personal Interviews (CAPI).

Survei tersebut memiliki Margin of Error  kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas