Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pimpinan DPR RI Dasco Jadi Legislator Aspiratif dan Humanis Versi KWP Award 2023

Koordinatoriat wartawan Parlemen (KWP) memberikan penghargaan kepada Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad sebagai 'Legislator Aspiratif dan Humanis'

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pimpinan DPR RI Dasco Jadi Legislator Aspiratif dan Humanis Versi KWP Award 2023
istimewa
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meraih penghargaan sebagai 'Legislator Aspiratif dan Humanis' dalam ajang KWP Award 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) memberikan penghargaan kepada Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad sebagai 'Legislator Aspiratif dan Humanis' dalam ajang KWP Award 2023.

Pengamat politik yang juga menjadi panelis KWP Award, Ujang Komaruddin mengatakan, Sufmi Dasco Ahmad layak mendapatkan penghargaan ini karena selama kiprahnya di parlemen, selalu mau mendengarkan, menyerap dan turun langsung untuk mendengarkan aspirasi dari rakyat.

"Beliau ini sungguh hebat karena mau langsung menyerap aspirasi dari masyarakat terutama jika ada aturan atau kebijakan yang dianggap merugikan rakyat. Itu bisa kita contohkan saat demo ASN kemarin dimana pak Dasco itu turun langsung menemui para demonstran dan mendengarkan langsung keluhan mereka," kata Ujang dalam gelaran KWP Award 2023, di Gedung Pustakaloka, Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (2/10/2023).

Sementara dari sisi humanis, Ujang mengungkapkan hal itu bisa terlihat dari bagaimana Sufmi Dasco mau dan mudah menerima tamu dari kalangan masyarakat dalam hal mengungkapkan keluh kesahnya.

"Di situ kita bisa lihat kalau pak Dasco itu tak pilih-pilih saat mendapat kunjungan dari masyarakat. Dan itu lah yang seharusnya menjadi contoh bagi para anggota dewan agar menjadi pejabat yang humble dan selalu menerima aspirasi masyarakat," ujar Ujang.

Sementara itu, Ketua KWP Ariawan mengatakan KWP Award dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi kepada para anggota dewan di Parlemen.

BERITA TERKAIT

Selain itu KWP Award juga merupakan bagian dari penilain publik versi rekan-rekan wartawan yang bergabung dalam KWP.

"Penilaian diberikan kepada pada Anggota Dewan dan Sentaror serta Mitra Kerja Komisi yang menurut kami memiliki sumbangsih kepada lembaga maupun kepada bangsa dan negara," ucap Ariawan.

Ariawan berharap dengan adanya penghargaan ini, kinerja-kinerja dewan, kinerja-kinerja senator dan kemudian mitra mitra kerja dapat terus berkarya dan berbuat serta berkontribusi untuk kepentingan publik.

"KWP Award diharapkan dapat memacu kinerja dewan, senator maupun pimpinan kementerian/lembaga," ujarnya.

Lebih jauh, Ariawan mengaku jika penilaian KWP Award 2023 ini dilakukan secara objektif dan tidak diintervensi oleh pihak manapun. 

Pasalnya, KWP melibatkan banyak pihak dalam penjurian dan penilaian KWP Award 2023 ini, yakni dari PWI, dan juga pengamat politik serta kalangan akademisi.

Baca juga: Berlangsung Sangat Meriah, KWP CUP 2023 Diharapkan Menyatukan Wartawan

"Jadi, memang kita melakukan penilaian ini bukan satu atau dua hari saja, tapi dalam kurun waktu satu tahun melalui teman-teman di KWP. Penilian dilakukan melalui panitia maupun tim juri dari berbagai unsur baik dari perwakilan organisasi wartawan, akademisi, pengamat dengan penilaian secara objektif," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas