Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKB: Semua Cawapres Punya Basis NU, Tapi Kami yang Asli

Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanulhaq menyambut baik terpilihnya Mahfud MD sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Choirul Arifin
zoom-in PKB: Semua Cawapres Punya Basis NU, Tapi Kami yang Asli
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Wakil Sekretaris Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanulhaq menyambut baik terpilihnya Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo untuk bertarung di Pilpres 2024.

Dua sosok bakal cawapres ini kata Maman, sama-sama punya latar belakang Nahdatul Ulama (NU).




Bahkan Prabowo Subianto yang hingga saat ini belum mengumumkan bakal cawapresnya, diterka oleh Maman bakal berpasangan dengan sosok yang juga punya latar belakang NU.

Menurut Maman, yang bakal menjadi pasangan Prabowo nanti adalah Menteri BUMN Erick Thohir (ET). Namun ia tak bicara banyak soal ET.

Maman lebih menekankan latar belakang NU dari tiga sosok tersebut.

"Hari ini yang sudah menang itu NU. Mahfud NU, Muhaimin NU, Eric Thohir NU. Tapi jenis NU-nya beda-beda, ada NU yang asli dan itu pak Muhaimin, karena dia adalah cicit pendidikan NU,"ujar Maman di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

BERITA TERKAIT

"Lalu ada NU karena dia dibawa oleh Gusdur, Mahfud MD namanya. Ada juga NU naturalisasi Erick Thohir," ia menambahkan

Namun begitu Maman tidak menekan lebih dalam ihwal NU mana yang asli atau bukan. Ia hanya berharap sosok yang maju sebagai pemimpin nanti tetap mengemban amanat NU dalam segal kerja dan tindak tanduknya.

"Kita bukan soal asli tidak asli ya. Siapapun nanti tentu kita berharap semua membangun apa yang menjadi amanat NU, penguatan SDM, soal kualitas pendidikan, soal penyiapan negara kepada buruh, tani, nelayan, sumber daya alam itu semua adalah menjadi mukhtamar NU," pungkasnya.

Hingga saat ini sudah ada dua pasangan bakal calon presiden yang hendak mendaftar ke Komis Pemilihan Umum (KPU) RI pada 19 Oktober mendatang.

Mereka adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca juga: Besok Daftar Pilpres ke KPU, Anies dan Cak Imin Gelar Doa di 1.200 Lokasi di Seluruh Indonesia

Di hari pertama pendaftaran nanti pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bakal mendaftar pada pukul 08.00 WIB lalu disusul oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pukul 11.00 WIB.

Pendaftaran capres cawapres akan dibuka pada 19 Oktober dan ditutup pada 25 Oktober 2024.

Baca juga: Anies-Cak Imin Minta Restu Ortu hingga Sowan ke Koalisi Sebelum Daftar di KPU

Jadwal waktu pendaftaran untuk tanggal 19-24 Oktober akan dibuka pada jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan untuk hari terakhir atau 25 Oktober 2024, pendaftaran pasangan capres-cawapres akan ditutup oleh KPU lebih malam pada pukul 23.59 WIB.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas