Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Hormati Rumah Firli Bahuri Digeledah Polisi

KPK menghormati penggeledahan yang dilakukan polisi di rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Bekasi pada Kamis (26/10/2023)

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in KPK Hormati Rumah Firli Bahuri Digeledah Polisi
KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN
Logo KPK. KPK menghormati penggeledahan yang dilakukan polisi di rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Bekasi pada Kamis (26/10/2023) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat bicara terkait penggeledahan yang dilakukan polisi di rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Bekasi pada Kamis (26/10/2023) kemarin.

Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebut pihaknya menghormati proses hukum tersebut.

"KPK tentunya menghormati kegiatan tersebut sebagai bagian dari rangkaian proses hukum dan itupun sepanjang sesuai mekanisme dan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku," kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/10/2023).

Baca juga: Polda Metro Kirim SPDP, Geledah 2 Rumah Firli Bahuri, Sinyal Bakal Tersangka ?

Menurut Ali, Firli Bahuri telah kooperatif dengan hadir dan memberikan keterangan yang diperlukan penyidik Polda Metro Jaya dan Mabes Polri.

Tak hanya Firli, lanjut Ali, ada beberapa insan KPK lainnya yang juga secara kooperatif memenuhi panggilan penyidik untuk dimintai keterangan dan penyidikan dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh pimpinan KPK.

"Sebelumnya kita ketahui bersama, Bapak Firli Bahuri juga secara kooperatif sudah hadir dan memberikan keterangan yang diperlukan penyidik Polda Metro Jaya dan Mabes Polri," kata Ali.

"Demikian halnya beberapa insan KPK lainnya yang juga secara kooperatif memenuhi panggilan penyidik untuk dimintai keterangan dan penyidikan dimaksud," imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI

Ali mengatakan KPK juga sudah memberikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan polisi untuk mengusut perkara dugaan pemerasan ini.

"Serta KPK juga beberapa waktu lalu telah menyampaikan dokumen-dokumen yang diminta penyidik Polda Metro Jaya," katanya.

Penyidik Polda Metro Jaya menggeledah rumah yang milik Firli Bahuri di Villa Galaxy Cluster, Jaka Setia, Bekasi Selatan, Kamis (26/10/2023).

Penyidik juga menggeledah rumah di daerah Kertanegara Jakarta Selatan.

Penggeledahan ini disebut masih rangkaian penyidikan dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap SYL. Belum ada tersangka yang dijerat dalam kasus ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas