Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bertemu Pimpinan Baleg, Apdesi Desak DPR Sahkan RUU Desa Pada 5 Desember 2023

Perwakilan massa Apdesi yang berdemonstrasi depan Gedung DPR, bertemu dengan pimpinan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Bertemu Pimpinan Baleg, Apdesi Desak DPR Sahkan RUU Desa Pada 5 Desember 2023
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Perwakilan massa aksi dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang berdemonstrasi depan Gedung DPR, bertemu dengan pimpinan Badan Legislasi (Baleg). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perwakilan massa aksi dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang berdemonstrasi depan Gedung DPR, bertemu dengan pimpinan Badan Legislasi (Baleg) DPR.

Ada pun, pimpinan Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas dan Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi menemui perwakilan massa.




Perwakilan dari Apdesi mendesak DPR segera mengesahkan RUU Desa sebelum DPR memasuki masa reses pada Desember 2023 mendatang.

"Kami minta agar pengesahan tanggal 5 Desember 2023," ujar perwakilan massa di Ruang Baleg DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Perwakilan massa aksi dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang berdemonstrasi depan Gedung DPR, bertemu dengan pimpinan Badan Legislasi (Baleg).
Perwakilan massa aksi dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang berdemonstrasi depan Gedung DPR, bertemu dengan pimpinan Badan Legislasi (Baleg). (Tribunnews.com/Chaerul Umam)

Sementara itu, Supratman mengatakan bahwa ada mekanisme sebelum sebuah RUU disahkan menjadi UU.

"Kami juga sampai sekarang belum menerima DIM dari pemerintah. Problemnya adalah kami tidak boleh meminta barang itu karena belum masuk dalam penugasan dari Bamus," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Kendati demikian, Supratman memastikan pihaknya akan berkomunikasi dengan pimpinan DPR terkait penugasan membahas RUU Desa.

"Setelah ini saya akan berkomunikasi dengan pimpinan DPR. Beri kami waktu untuk sesegera mungkin kami bahas dengan Pimpinan DPR karena belum tentu Baleg yang akan ditugaskan, bisa Baleg, bisa Pansus atau alat kelengkapan lainnya," pungkas Supratman.

Perangkat Desa Demo Depan DPR, Sempat Diwarnai Aksi Lempar Botol 

Sebelumnya, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR/DPD, Kamis (23/11/2023).

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com di lokasi, massa yang mayoritas memakai kemeja putih ini mendesak DPR segera mengesahkan segera mengesahkan revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Ribuan massa yang memadati depan Gedung DPR, membuat Jalan Gatot Subroto arah Slipi ditutup, termasuk jalur khusus busway.

Kendaraan saat ini tidak dapat melewati Jalan Gatot Subroto depan DPR, dan dialihkan melalui Tol Dalam Kota.

Sementara itu, aksi sempat diwarnai aksi lempar botol yang dilakukan massa.

Baca juga: BREAKING NEWS: Perangkat Desa Demo Depan Gedung DPR, Sempat Diwarnai Aksi Lempar Botol

Selain itu, massa juga sempat melakukan aksi balar spanduk di depan gerbang pintu DPR.

Ada pun, anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Santoso juga sempat menemui para pendemo di depan Gedung DPR. Hingga kini, aksi masih berlangsung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas