Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Maruli Simanjuntak Dilantik Jadi KSAD, PSMTI Berharap Sinergitas dengan TNI Terus Berlanjut

Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta mengapresiasi pelantikan Letjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Kepala Staf

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Maruli Simanjuntak Dilantik Jadi KSAD, PSMTI Berharap Sinergitas dengan TNI Terus Berlanjut
Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden
Letjen Maruli Simanjuntak memberi hormat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pelantikannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Rabu (29/11/2023) di Istana Kepresidenan, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta mengapresiasi pelantikan Letjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Wilianto Tanta menilai sosok Maruli Simanjuntak merupakan sosok yang tegas dan berpengalaman dalam dunia militer Indonesia.

"Selamat untuk pak Maruli yang menjabat sebagai KASAD. Semoga bisa menjaga Indonesia sebagai negara berdaulat serta menjaga perdamaian antar masyarakat," ujar Wilianto Tanta dalam keterangannya pada Rabu (29/11/2023).

Tidak hanya itu, PSMTI juga berharap sinergi antara organisasinya dengan TNI terus terjaga untuk membangun Indonesia di masa mendatang.

"Sinergitas tentu sangat diperlukan dalam membangun Indonesia di masa mendatang. Untuk itu kami di PSMTI juga berharap kolaborasi terus terjalin," ucap Wilianto.

Baca juga: Profil dan Jejak Karier Letjen Maruli Simanjuntak Dilantik Jadi KSAD Gantikan Agus Subiyanto

Presiden Jokowi menunjuk Maruli untuk menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang telah dilantik sebagai panglima TNI pada tanggal 22 November 2023.

Terpilihnya Maruli sebagai pengganti Agus pun telah diprediksi beberapa pengamat militer, meskipun secara normatif ada 15 perwira bintang tiga di TNI AD yang berpeluang menjadi KSAD.

BERITA TERKAIT

Maruli Simanjuntak merupakan perwira tinggi TNI lulusan Akademi Militer tahun 1992 yang mengantongi banyak prestasi sepanjang karier militernya.

Beberapa jabatan strategis yang sempat dia emban sebelum menjabat Pangkostrad.

Diantaranya Komandan Detasemen Tempur Cakra (2002), Komandan Batalion 21 Grup 2/Sandhi Yuda (2008–2009), Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) (2009–2010), Wakil Komandan Grup 1/Para Komando (2010–2013), Komandan Grup 2/Sandhi Yudha (2013–2014), Komandan Grup A Paspampres (2014–2016), Danrem 074/Warastratama Solo (2016–2017), Wakil Komandan Paspampres (2017–2018), Komandan Paspampres (2018–2020), dan Pangdam IX/Udayana (2020).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas