Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tingkatkan Kualitas SDM ke Pelosok Negeri, 26 Sekolah Dapat Bantuan Guru Muda

Sebanyak 26 sekolah di seluruh Indonesia mendapatkan bantuan peningkatan kualitas pendidikan anak-anak di pelosok negeri.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Tingkatkan Kualitas SDM ke Pelosok Negeri, 26 Sekolah Dapat Bantuan Guru Muda
istimewa
Gunawan Salim (Kanan), Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) didampingi Wedijanto Widarso (Kiri) Sekretaris YPA-MDR memaparkan informasi terkait aktivitas selama 2023 dan rencana program Kontribusi Sosial Keberlanjutan Astra Untuk Indonesia Cerdas yang akan dilaksanakan di tahun 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 26 sekolah di seluruh Indonesia mendapatkan bantuan peningkatan kualitas pendidikan.

Guna memberikan kesempatan kepada anak-anak di pelosok negeri, Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menambah 26 sekolah binaan.

Rinciannya, sebanyak 11 sekolah berada di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur dan 15 sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utama atau Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.




Michael mengatakan penguatan juga dilakukan dengan mengirimkan 26 Guru Muda Garda Depan (GMGD) yang berperan sebagai agen perubahan untuk memajukan pendidikan di sekolah binaan.

"Kami tak berbisnis di sana. Kami hanya ingin meningkatkan kualitas pendidikan dari segi akademik, intelektual, kompetensi, kecakapan hidup, seni budaya, dan karakter," ucap Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim melalui keterangan tertulis, Selasa (5/12/2023).

Peletakan atau groundbreaking revitalisasi SDN 020 Sepaku yang merupakan sekolah binaan baru YPA-MDR dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 1 November 2023 lalu.

Langkah ini merupakan titik awal pembinaan sekolah di wilayah baru sebagai solusi untuk men apai sekolah unggul yang berwawasan global.

BERITA TERKAIT

Sebagai informasi, hingga November 2023 total ada 125 sekolah binaan YPA-MDR yang tersebar di sejumlah wilayah, seperti Bogor, Serang, Kupang, Kapuas, hingga Majalengka.

Pada tahun 2023 ini, sebanyak 32 sekolah binaan YPA-MDR dikukuhkan sebagai sekolah independen atau sekolah yang sudah berstatus unggulan, sehingga mampu beroperasi secara mandiri.

Rinciannya, 6 sekolah berlokasi di Bogor, Jawa Barat, 7 sekolah di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 4 sekolah di Bantul, DIY, 11 sekolah di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, dan 4 sekolah di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Meski ada puluhan sekolah yang berhasil dibina hingga menjadi unggulan, Gunawan menegaskan komitmen pihaknya dalam mewujudkan visi ‘Bergerak Pantang Menyerah untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia’.

Baca juga: Lingkungan Keluarga dan Pendidikan yang Ramah Anak Harus Konsisten Diwujudkan

"Pada tahun 2024 kami senantiasa berkomitmen untuk melanjutkan misi sebagai agen perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tertinggal dan strategis bersama para pemangku kepentingan di daerah melalui sinergitas pembinaan yang terintegrasi," pungkasnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas