Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mayoritas Pemilik Datangi Klinik Saat Hewan Kesayangan Sakit dan Perlu Pengobatan

Makin banyaknya jumlah hewan kesayangan di Indonesia menimbulkan beragam permasalahan bagi para pemilik anabul dan hewan peliharaan.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
zoom-in Mayoritas Pemilik Datangi Klinik Saat Hewan Kesayangan Sakit dan Perlu Pengobatan
ISTIMEWA
Owner PitPet, Anugrah Mamenongkati (tengah) mengatakan, mayoritas pemilik datangi klinik saat hewan kesayangan sakit dan perlu pengobatan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menurut Euromonitor pada tahun 2022, Indonesia telah memiliki sekitar 4,80 juta ekor kucing sebagai hewan peliharaan sedangkan jumlah anjing mencapai 737.400 ribu ekor.

Makin banyaknya jumlah hewan kesayangan di Indonesia menimbulkan beragam permasalahan bagi para pemilik anabul dan hewan peliharaan.

Kementerian Kesehatan Indonesia mencatat pada tingkat vaksinasi rabies, terutama pada kucing dan anjing, yang hanya mencapai 40 persen dari total populasi dan ini masih jauh dari target ideal sebesar 70 persen untuk hewan kesayangan maupun hewan liar.

Baca juga: Tiga dari 4 Keluarga di Indonesia Anggap Hewan Peliharaan Bagian dari Keluarga

Data Royal Canin Indonesia pada tahun 2022 menunjukkan bahwa hanya 29,5 persen hewan kesayangan yang mengunjungi dokter hewan karena tidak semua pemilik hewan peliharaan memiliki kemudahan dalam mengakses perawatan berkualitas dari dokter hewan.

"Penelitian TGM Research menunjukkan sebanyak 61 persen pemilik hewan di Indonesia tidak hanya memiliki satu hewan peliharaan dan hanya 32 persen memilih layanan perawatan untuk hewan kesayangan mereka," kata owner PitPet, Anugrah Mamenongkati kepada wartawan, Sabtu (16/12/2023).

Pria yang akrab dipanggil Ugi ini mengatakan, sebagian besar orang beranggapan bahwa kunjungan ke dokter hewan hanya diperlukan ketika hewan kesayangan mengalami sakit dan memerlukan pengobatan.

BERITA REKOMENDASI

"Pandangan ini latar belakang kami untuk menghadirkan solusi bagi para pemilik hewan, menyediakan perawatan berkualitas sambil meningkatkan aksesibilitas perawatan hewan yang lebih terjangkau.

Ugi menyebut sudah saatnya setiap pemilik hewan dapat dengan mudah mendapatkan perawatan yang dibutuhkan untuk hewan kesayangan dan memberikan dukungan kepada tenaga medis hewan di Indonesia.

“Dengan transformasi yang tengah dilakukan PitPet dalam melebarkan sayap dari jasa Grooming Anabul dan kini klinik adalah bukti bahwa setiap hewan kesayangan berhak mendapatkan perawatan kesehatan yang terbaik dengan pilihan dokter hewan profesional yang sudah tersertifikasi,” katanya.

Sejak berdiri 2 tahun lalu, PitPet telah mencatatkan pelayanannya kepada lebih dari 2.000 pelanggan dan 8.000 hewan kesayangan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas