Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Cegah Polusi Plastik di Wilayah Pesisir, Plastic Bank Target Kumpulkan 15.000 Kg Sampah

Plastic Bank mengidentifikasi wilayah pesisir pantai di Indonesia yang membutuhkan infrastruktur pengumpulan sampah plastik.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Cegah Polusi Plastik di Wilayah Pesisir, Plastic Bank Target Kumpulkan 15.000 Kg Sampah
HO
Plastic Bank menargetkan akan mengumpulkan 15.000 kilogram sampah plastik untuk daur ulang (setara dengan 750.000 botol plastik ukuran 500ml) agar tidak sampai mencemari lautan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Plastic Bank menargetkan akan mengumpulkan 15.000 kilogram sampah plastik untuk daur ulang (setara dengan 750.000 botol plastik ukuran 500ml) agar tidak sampai mencemari lautan.

Hal tersebut dilakukan berkolaborasi dengan Bank Resona Perdania untuk mencegah polusi plastik di lingkungan dan lautan sekaligus mengurangi kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat di wilayah pesisir pantai Indonesia.




Kerja sama antara Bank Resona Perdania dan Plastic Bank yang diresmikan pada tanggal 20 Desember 2023 ini ditargetkan akan mengumpulkan 15.000 kilogram sampah plastik untuk daur ulang (setara dengan 750.000 botol plastik ukuran 500ml) agar tidak sampai mencemari lautan.

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, Industri Tawarkan Kemasan dengan Bahan yang Dapat Terurai Secara Alami

Presiden Direktur, Bank Resona Perdania, Ichiro Hiramatsu menyampaikan, pihaknya untuk mendukung kelestarian lingkungan dan menciptakan dampak positif secara lingkungan dan sosial bagi masyarakat Indonesia.

"Kolaborasi kami dengan dengan Plastic Bank bertujuan untuk mencegah polusi plastik di laut dan mengurangi kemiskinan, yang sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung UN Sustainable Development Goals (SDGs)," terangnya dikutip Kamis (21/12/2023).

Plastic Bank mengidentifikasi wilayah pesisir pantai di Indonesia yang membutuhkan infrastruktur pengumpulan sampah plastik dan memberdayakan wirausaha lokal untuk mendirikan cabang pengumpulan sampah plastik.

BERITA TERKAIT

Plastik yang dikumpulkan oleh anggota pengumpulnya dapat ditukarkan dengan pemasukan tambahan dan berbagai manfaat lainnya seperti asuransi BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan voucher sembako.

“Kami sangat senang melihat lebih banyak perusahaan seperti Bank Resona Perdania yang mengedepankan program sustainability sebagai salah satu komitmen perusahaan mereka. Kemitraan kami akan mempercepat perubahan di Indonesia terutama dalam hal pengurangan polusi plastik dan kemiskinan,” kata Frederick Saman, Country Manager Plastic Bank di Indonesia.

Bersama 16.000 anggota pengumpul plastik dan 230 mitra pengepul di Jawa, Bali, NTB, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, Plastic Bank telah berhasil mengumpulkan 57 juta kilogram plastik daur ulang dan mengurangi polusi plastik di lingkungan dan lautan Indonesia yang indah.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas