Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPR Minta Insiden Kebakaran Tungku Smelter di PT IMIP Diusut Tuntas

Atas insiden itu, Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar meminta pihak kepolisian segera mengusut tuntas, sehingga ditemukan penyebabnya. 

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in DPR Minta Insiden Kebakaran Tungku Smelter di PT IMIP Diusut Tuntas
ist
Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebakaran hebat terjadi pada tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yang berada di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP) di Kecamatan Bahodopi, Provinsi Sulawesi Tengah.

Atas insiden itu, Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar meminta pihak kepolisian segera mengusut tuntas, sehingga ditemukan penyebabnya.

Baca juga: Smelter di Morowali Meledak, Anggota Komisi VII DPR Desak Pemerintah Lakukan Audit

"Kami dari Komisi VII DPR RI meminta kepada pihak kepolisian untuk segera mengusut tuntas kebakaran yang terjadi di PT IMIP, hingga ditemukan penyebab bencana yang menelan korban jiwa para pekerja itu," katanya dalam keterangan kepada media, Minggu (24/12/2023). 




Gunhar menambahkan, pengusutan dan investigasi menjadi suatu yang penting demi memastikan apakah kejadian yang merenggut sejumlah korban jiwa para karyawan perusahaan itu, akibat dari kelalaian atau akibat masalah peralatan. 

"Melalui investigasi akan ditemukan, apakah karena kelalaian? Atau apakah karena peralatan yang digunakan kurang layak? Selain itu, perlu dipastikan bagaimana perawatan terhadap peralatan smelter secara berkala sesuai aturan," katanya.

Baca juga: Ledakan Tungku Smelter di Morowali Tewaskan 13 Orang, 7 di Antaranya Pekerja dari Indonesia

Masalah peralatan menurut politisi PDI Perjuangan ini, harus menjadi perhatian  pihak-pihak terkait, antara lain perusahaan smelter dan juga Kementrian Perindustrian selaku pengawas dalam hal ini. 

"Untuk itu, diperlukan investigasi menyeluruh dari pihak berwajib serta kementerian Perindustrian selaku pengawas, untuk mencari penyebab insiden yang terjadi," tegasnya. 

BERITA TERKAIT

Demi memperlancar investigasi terhadap insiden kebakaran tersebut, Gunhar juga meminta PT IMIP menghentikan sementara operasionalnya.

 Penghentian sementara itu menurutnya, juga dimaksudkan demi memastikan keamanan operasional smelter dari kejadian serupa di masa depan. 

"Selama pengusutan masih berjalan, perasional PT IMIP harus menghentikan operasionalnya. Juga dipastikan tingkat keamanan terjamin dari kejadian kebakaran," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas