Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demokrat Nilai Moeldoko Harus Minta Maaf Secara Terbuka ke AHY dan SBY

Benny memahami bahwa kebersamaan antara Moeldoko dan AHY di kabinet memang indah, dan itu bisa sempurna jika Moeldoko mau mengakui kesalahannya dulu.

Penulis: Reza Deni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Demokrat Nilai Moeldoko Harus Minta Maaf Secara Terbuka ke AHY dan SBY
Tribunnews.com/Reza Deni
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K Harman di BBJ, Jakarta, Senin (26/2/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny K Harman, menilai Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko harus meminta maaf kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sekaligus Ketua Majelis Tinggi PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi atas apa yang pernah dia lakukan terhadap Partai Demokrat.

Hal itu disampaikan Benny usai Moeldoko dan Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dan bersalaman saat rapat paripurna kabinet di Istana Kepresidenan.

Baca juga: Demokrat Buka Suara Usai Moeldoko Bersalaman dengan AHY di Istana 




Diketahui, Moeldoko dan AHY sempat berseteru memperbutkan posisi Ketua Umum Partai Demokrat.

"Pak Moeldoko itu harus menunjukan sikap kenegarawanan ya bahwa apa yang dilakukan salah dan salahnya itu bukan karena politik tapi salah karena hukum iya kan?" kata Benny di Bentara Budaya Jakarta, Senin (26/2/2024).

Benny memahami bahwa kebersamaan antara Moeldoko dan AHY di kabinet memang indah, dan itu bisa sempurna jika Moeldoko mau mengakui kesalahannya dulu.

"Sebaiknya Moeldoko menyampaikan permintaan maaf secara terbuka kepada Pak SBY dan juga kepada Mas AHY ya. Itu sikap yang benar," kata dia.

BERITA TERKAIT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar sidang kabinet paripurna di Istana Negara pada, Senin (26/2/2024). Sidang kabinet ini merupakan yang perdana setelah Pemilu 2024.

Baca juga: Moeldoko Buka-bukaan soal Perbincangan dengan AHY sebelum Sidang Paripurna di Istana

Ada momen menarik saat sidang paripurna Kabinet kali ini. Pasalnya Kepala Staf Presiden Moeldoko untuk pertama kalinya berada pada satu forum Kabinet dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang kini menjabat Menteri ATR/BPN.

Awalnya seperti biasanya para Menteri saling menyapa dan berbincang singkat sebelum sidang paripurna Kabinet dimulai pada pukul 09.30 WIB. Termasuk AHY yang berbincang dengan Menko Polhukam Hadi Tjhajanto. Moeldoko kemudian tiba dari arah belakang AHY. Moeldoko lalu menyalami sejumlah menteri antara lain Menpora Dito Ariotedjo dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

AHY yang menyadari kehadiran Moeldoko lalu menunggunya yang sedang berbincang dengan Menteri lain. Tak lama berselang Moeldoko lalu menghampiri AHY sambil tersenyum. Keduanya tampak berbincang singkat sambil bersalam-salam.

Setelah bersalaman dengan AHY, Moeldoko kemudian mendekati Menteri lainnya. Saat rapat paripurna Moeldoko berada di sisi kanan deretan kursi depan. Sementara AHY berada di belakangnya.

Untuk diketahui AHY dan Moeldoko sempat berkonflik terkait pertarungan Partai Demokrat pada tahun 2021 lalu.

Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum Demokrat dalam Kongres Luar Biasa di The Hill Hotel and Resort, Deli Serdang, Sumatera Utara 5 Maret 2021. KLB tersebut dianggap ilegal oleh kubu AHY.

Hasil KLB Demokrat tersebut ditolak oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Sengketa kepengurusan tersebut kemudian berlanjut ke meja hijau.

Hingga pada akhirnya Mahkamah Agung (MA) menolak peninjauan kembali (PK) yang diajukan kubu Moeldoko atas kepengurusan Partai Demokrat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas