Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri AHY Bertemu Perwakilan World Bank Bahas Program Percepatan Reforma Agraria

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan pertemuan dengan beberapa perwakilan World Bank di Ruang Rapat Menteri, Jakarta, Rabu (20/03/2024). 

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Menteri AHY Bertemu Perwakilan World Bank Bahas Program Percepatan Reforma Agraria
Tribunnews.com/Rahmat W. Nugraha
Menteri ATR/BPN bertemu dengan perwakilan World Bank di Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan pertemuan dengan beberapa perwakilan World Bank di Ruang Rapat Menteri, Jakarta, Rabu (20/03/2024). 

Pertemuan tersebut membahas soal pelaksanaan program yang telah berjalan serta potensi kerja sama antara kedua pihak, khususnya dalam capaian Reforma Agraria.

Menteri AHY mengungkapkan program utama dari kerja sama antara Kementerian ATR/BPN dan World Bank ini adalah Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA). 

Pada dasarnya, PPRA ini kata AHY bertujuan meningkatkan capaian pendaftaran tanah dan administrasi pertanahan untuk mewujudkan kepastian hukum hak atas tanah. 

“Kami ingin bagaimana implementasi pertanahan dan tata ruang dapat mendukung adanya pertumbuhan ekonomi. Tentu kita ingin implementasi yang pro lingkungan dan responsif terhadap perubahan iklim,” jelas Menteri AHY. 

Baca juga: Menteri AHY Janji Tindak Tegas Internal ATR/BPN Jika Terlibat Kasus Mafia Tanah

Percepatan program tersebut diupayakan dengan berbagai cara.

BERITA TERKAIT

Program PPRA juga melibatkan masyarakat yang telah diberi pelatihan sebagai pengumpul data pertanahan (Puldatan).

Di samping itu, Kementerian ATR/BPN pun terus fokus menjalankan transformasi digital. 

Menteri ATR/BPN menjelaskan, PPRA sudah berlangsung di 10 provinsi. Kesepuluh provinsi tersebut meliputi Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sementara itu World Bank Country Director for Indonesia and Timor Leste, Satu Kahkonen menyebut bahwa kerjasama World Bank dengan Pemerintah RI bisa disebut amat sukses dengan capaian hasil yang begitu signifikan.

Ia juga mendukung inisiasi Kementerian ATR/BPN yang ingin menerapkan implementasi pertanahan dan tata ruang yang lebih pro lingkungan. 

“Hal ini bisa dimulai dari bisnis prosesnya. Bisnis proses apa yang dapat dilakukan yang berhubungan dengan dukungan kepada penanganan perubahan iklim,” jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas