Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menko Polhukam Pastikan Rangkaian Ibadah Paskah 2024 Aman, Pengamanan Digelar Terbuka dan Tertutup

Di hadapan jemaat Katolik yang hendak melaksanakan misa di Gereja Katedral, Hadi mengatakan pihaknya telah menggelar rapat koordinasi untuk memastikan

Penulis: Gita Irawan
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Menko Polhukam Pastikan Rangkaian Ibadah Paskah 2024 Aman, Pengamanan Digelar Terbuka dan Tertutup
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menko Polhukam RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto bersama Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo dan unsur pengamanan dari pemerintah di Gereja Katedral, Jakarta Pusat pada Kamis (28/3/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengunjungi Gereja Katedral di Jakarta Pusat pada Kamis (28/3/2024).

Kedatangannya untuk memastikan rangkaian ibadah paskah yang dimulai dengan Kamis Putih hari ini berjalan aman.

Di hadapan jemaat Katolik yang hendak melaksanakan misa di Gereja Katedral, Hadi mengatakan pihaknya telah menggelar rapat koordinasi untuk memastikan keamanan beribadah dalam rangkaian Paskah di seluruh Indonesia.

Untuk itu, ia berharap kegiatan ibadah tersebut bisa berjalan dalam kondisi yang kondusif dalam situasi yang aman, damai, dan khusyuk.

"Kami juga sudah melaksanakan rapat koordinasi untuk menjaga keamanan beribadah. Saya sebagai koordinator telah melaksanakam rangkaian rapat bersama dengan TNI, Polri, BIN, Densus 88, agar pelaksanaan ibadah yang mulai hari Kamis sampai dengan hari Minggu dapat terlaksana dengan baik tanpa ada gangguan sedikit pun," kata Hadi.

Usai meninjau pelaksanaan misa, Hadi mengatakan pengamanan di Gereja Katedral sendiri dilaksanakan secara terbuka dan tertutup.

BERITA REKOMENDASI

Pengamanan tertutup maksudnya adalah penyelenggaraan pengamanan oleh satuan pengamanan kawasan dengan menggunakan penyamaran atau tidak menggunakan seragam resmi satuan.

Berdasarkan informasi dari pihak Kepolisian terdapat total 162 unsur pengamanan di Gereja Katedral yang terdiri dari Gegana, Brimob, Sabhara, satuan Satwa (K9) atau anjing pelacak, serta prajurit TNI.

Selain itu, kata Hadi, pengamanan juga dilakukan di ranah media sosial.

"Sehingga umat sudah aman dari ancaman sudut manapun. Jadi kita terus pengamanannya berlapis. Kita harapkan sudah aman tidak ada apa-apa," kata dia.

Baca juga: Harga-Harga Naik Jelang Lebaran, Komisi VI DPR: Pemerintah Harus Tertibkan Mafia Pangan

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo mengucapkan terima kasih atas kedatangan Hadi sebagai perwakilan dari pemerintah sekaligus kehadiran dari negara.

Menurutnya, kehadiran Hadi membawa kesejukan dalam rangkaian ibadah tersebut.

"Oleh karena itu, Bapak Menko Polhukam atas nama umat Katolik khususnya yang di Jakarta saya ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak mewakili pemerintah RI hadir di tengah-tengah kami yang sedang merayakan Paskah ini mulai dengan hari Kamis Putih," kata dia.

"Kami berharap kehadiran seperti ini akan mendorong umat Katolik untuk tidak sekadar merayakan paskah, tetapi menjadi manusia-manusia Paskah artinya dalam bahasa sehari-sehari menjadi pelaku-pelaku pembaharuan baik pribadi maupun dalam hidup bermasyarakat dan berbangsa," sambung dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas