Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bus Ini Nyaris Ikut Celaka, Aksi Sopirnya Dapat Pujian

Aksi cukup menarik terjadi saat supir bus Setia Negara berhasil menghindari kecelakaan yang terjadi di Km 18 Tol Jakarta-Cikampek

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bus Ini Nyaris Ikut Celaka, Aksi Sopirnya Dapat Pujian
Foto Tangkapan Layar
Kecelakaan maut terjadi di jalur kontraflow Tol Km 58 Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat pada Senin (8/4/2024) sekira pukul 08.00 WIB. Adapun kecelakaan melibatkan tiga kendaraan yaitu bus dan dua minibus. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksi cukup menarik terjadi saat supir bus Setia Negara berhasil menghindari kecelakaan yang terjadi di Km 18 Tol Jakarta-Cikampek di momen mudik Lebaran 2024.

Dari video yang diunggah akun @dashcam_owners_indonesia menyatakan peristiwa terjadi pada Minggu (7/4/2024), tidak seperti yang tertera pada note rekaman.




Kejadian bermula saat pengemudi mobil dengan kamera dashboard tengah mengemudi dengan kecepatan normal. Kemudian dari sebelah kiri melaju bus PO Setia Negara berwarna kuning dengan kecepatan di atas mobil perekam.

Baca juga: Identitas di STNK Mobil Gran Max yang Kecelakaan Maut di Tol Japek, Penumpang Meninggal

Tidak lama setelah mendahului, secara tiba-tiba bus melakukan pengereman mendadak hingga arahnya justru berputar, mirip gerakan mobil drifting hingga akhirnya bus berhenti dengan bodi menutup beberapa jalur di bagian kanan dan menyisakan satu lajur di sebelah kiri.

Pemilik mobil dengan dashcam akhirnya melanjutkan perjalanan usai melewati bus yang masih melintang di tengah jalan.

Setelah melewati bus, kamera kembali mereka mini bus yang juga memiliki posisi hampir sama dengan bus, diduga tersenggol bus saat melakukan pengereman mendadak.

BERITA TERKAIT

Beberapa meter di depan bus PO Setia Negara yang masih melintang tertangkap kamera sebuah truk berwarna kuning yang mengalami kecelakaan dan barang yang dibawanya berserakan.

@dashcam_owners_indonesia : "Hati hati yg mau mudik tadi ada kecelakaan di Cikampek bawah MBZ arah ke cipularang/cipali...
maaf jam sama tanggal salah. Minggu 7 April".

Respon cepat sang supir bus PO Setia Negara mendapat apresiasi dari warganet karena berhasil menghindari kecelakaan yang lebih besar.

Warganet desykusuma_25 berkomentar "Sepertinya sopir bus harus mendadak rem karena dia sudah kelihatan ada kecelakaan beberapa meter di depannya... jika dia tidak rem saat itu, entah bakal seperti apa kondisinya Makanya mengemudi lah yg semestinya... kenapa mesti ngebut," tulisnya.

Baca juga: Kondisi Korban Tewas Kecelakaan Tol Jakarta-Cikampek KM 58 Terbakar, Ada yang Masih Utuh

Selain itu, ada pula netizen dengan akun @endahisme "Bus kaya nya kaget ada kecelakaan di depan kalau ga rem mendadak mngkin lebih bahaya lagi. cmiiw," ungkapnya.

Warganet @putra_san24 juga mengingatkan agar pengemudi bus tetap berhati-hati saat berkendara, "Bus beratnya ber ton-ton, dan sebesar itu, bisa aquaplaning. Apalagi, mobil biasa, intinya jgn overspeed klo ada genangan atau saat hujan".

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas