Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

SKK Migas Lanjutkan Rangkaian Pre-IOG SCM & NCB Summit 2024 di Batam

SKK Migas kembali menggelar Pre-Indonesia Upstream Oil & Gas Supply Chain Management & National Capacity Building Summit 2024 (IOG SCM & NCB Summit).

Editor: Content Writer
zoom-in SKK Migas Lanjutkan Rangkaian Pre-IOG SCM & NCB Summit 2024 di Batam
Istimewa
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) kembali menggelar Pre-Indonesia Upstream Oil & Gas Supply Chain Management & National Capacity Building Summit 2024 (IOG SCM & NCB Summit 2024) di Batam, pada 3 dan 4 Juli 2024. 

TRIBUNNEWS.COM – Sukses di Surabaya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) kembali menggelar Pre-Indonesia Upstream Oil & Gas Supply Chain Management & National Capacity Building Summit 2024 (IOG SCM & NCB Summit 2024) di Batam, pada 3 dan 4 Juli 2024.

Dalam sambutannya di Pre-IOG SCM & NCB Summit 2024 di Batam, Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto menyampaikan, pada tahun 2024 ini, SKK Migas menargetkan peningkatan investasi hulu migas sebesar US$16.1 miliar atau Rp249 Triliun, meningkat sebesar 17 persen jika dibandingkan tahun 2023, dimana Tercatat investasi hulu migas pada tahun 2023 adalah sebesar US$13.7 miliar atau sebesar Rp212 Triliun.

“Untuk mencapai target tersebut, SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) akan terus fokus meningkatkan daya saing dan meningkatkan pengelolaan rantai suplai, untuk memastikan ketersediaan barang, peralatan, dan jasa pendukung yang efisien”, ucapnya.

Tak hanya itu, Dwi Soetjipto juga menjelaskan, dengan terselenggaranya acara Pre-IOG SCM & NCB Summit 2024 di Batam, diharapkan dapat menjadi ruang kolaborasi antara para pemangku kepentingan menjadi kunci utama dalam mengatasi berbagai permasalahan dan memperkuat ketahanan rantai suplai industri hulu migas nasional.

“Oleh karena itu, event Pre-IOG SCM & NCB Summit 2024 di Batam ini, diharapkan dapat menemukan solusi tepat dan langkah kongret yang dapat diimplementasi bersama, untuk memperkuat fungsi pengelolaan rantai suplai (supply chain management) dalam mendukung target produksi migas tanah air”, ujar Dwi saat sambutan.

Baca juga: Bidik Investasi Sektor Migas Rp249 Triliun di 2024, Ini yang Dilakukan SKK Migas

Pada opening ceremony, turut hadir perwakilan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, yang diwakili oleh oleh Asisten II Bidang Perekonomian & Pembangunan Kepulauan Riau, Luki Zaiman Prawira menyampaikan, Provinsi Kepulauan Riau memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi regional dan nasional, karena potensi sumber daya alam, terutama minyak dan gas bumi.

SKK Migas bersama 12 perusahaan KKKS telah berperan penting dalam mengelola kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi di Kepulauan Riau.

BERITA TERKAIT

“Kami sangat mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan SKK Migas bersama KKKS, dalam membina dan meningkatkan potensi perusahaan lokal melalui program kemitraan, pembukaan lapangan kerja, akses bisnis, serta pengembangan industri penunjang migas di Kepulauan Riau,” katanya.

Dia berharap, kolaborasi ini terus berlanjut melalui peningkatan kerjasama dan sinergi antara pemerintah pusat, daerah, dan SKK Migas, yang berdampak positif pada percepatan pembangunan di berbagai sektor.

Sementara itu, dalam laporannya, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko memaparkan bahwa Pre-IOG SCM & NCB Summit 2024 di Batam, merupakan seri kedua dari gelaran Pre-IOG SCM Summit 2024.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Pre IOG SCM Summit 2024 di Surabaya. Khusus di Batam ini, SKK Migas bersama para pemangku kepentingan industri hulu migas nasional mendiskusikan upaya kolaborasi dalam memperkuat ketahanan suplai OCTG di Indonesia, ketersediaan dan peningkatan engineer untuk pengembangan lapangan migas, pembiayaan proyek industri hulu migas, serta ketersediaan galangan kapal dalam negeri sebagai penunjang aktivitas dan operasional hulu migas,” kata Rudi Satwiko.

Pada kesempatan ini, SKK Migas menerima penghargaan dari Gubernur Kepulauan Riau atas peningkatan investasi di bidang usaha hulu migas, serta dukungan program Keppri ‘Indonesia Terang’ di Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: SKK Migas Bakal Kumpulkan KKKS hingga Pelaku Industri, Bahas Tantangan Industri Migas

Selain itu, SKK Migas juga menerima penghargaan dari Gubernur Riau atas komitmen investasi hulu migas di Provinsi Riau dan dukungan dalam keberhasilan pengalihan participating interest 10 persen di wilayah Siak, Kampar, dan Rokan.

Penyelenggara Pre-IOG SCM & NCB Summit 2024 di Batam, menyediakan empat booth khusus, yaitu booth CIVD untuk memfasilitasi keterlibatan pihak swasta dalam pengadaan barang dan jasa, booth formalitas, booth TKDN yang difasilitasi oleh Koordinator Kapasitas Nasional dan Jaminan Kualitas, booth CHSEMS yang fokus membantu para kontraktor dan mitra terkait pemenuhan kewajiban Health & Safety Management System, serta booth para KKKS dan stakeholder terkait.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas