Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lomba Tembak Kapolri Cup 2024 Kembali Digelar untuk Jaring dan Bina Atlet Menembak

Polri kembali menggelar lomba menembak Kapolri Cup 2024 dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta Pusat.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Lomba Tembak Kapolri Cup 2024 Kembali Digelar untuk Jaring dan Bina Atlet Menembak
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Sejumlah peserta lomba menembak Kapolri Cup 2024 tengah melakukan kegiatan menembak di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri kembali menggelar lomba menembak Kapolri Cup 2024 dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta Pusat.

Lomba menembak yang digelar selama 9 hari lamanya terhitung sejak 6 sampai 14 Juli 2024 diikuti oleh 1.095 peserta.




Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan salah satu tujuan lomba ini digelar adalah untuk menjaring dan membina para atlet menembak baik dari internal dan eksternal Polri.

"Maksud dan tujuan dari perlombaan menembak ini juga sebagai bagian daripada penjaringan dan bekerja sama dengan Perbakin untuk pembinaan atlet menembak. Baik tentunya sebagai atlet dan sipil maupun juga dari internal kepolisian, serta melibatkan tiga angkatan, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," kata Trunoyudo kepada wartawan, Kamis (11/7/2024).

Trunoyudo merincikan dalam lomba tersebut ada beberapa kategori di antaranya kategori sasaran atau target dibuka untuk peserta dari atlet Perbakin memiliki 19 jenis tembak sasaran atau target

19 jenis itu yakni 50m pistol man individu dan tim, 10m air rifle men individu dan tim, 10m air rifle women individu dan tim, 10m air rifle men youth individu dan tim, 10m air rifle women youth individu dan tim, 25m pistol women individu dan tim, 25m rapid fire pistol individu dan tim, 10m air pistol men individu dan tim.

BERITA TERKAIT

Selain itu ada 10m air pistol men youth individu dan tim, 10m air pistol women individu dan tim, 10m air pistol women youth individu dan tim, 50m r 3x20 men individu dan tim, 50m r 3x20 women individu dan tim, 10m running target men standard individu, 10m running target men mixed individu, 10m running target women standard individu, 10m running target women mixed individu, 10m air pistol mixed team dan 10m air rifle mixed team.

Selanjutnya, kategori kedua yakni tembak reaksi dapat diikuti oleh peserta dari personel TNI/Polri dan anggota Perbakin yang terbagi menjadi dua bagian.

"Pertama IPSC (yang bersertifikat) dengan kategori open division, standard division, production division, production optic division, classic division, revolver division, PCC optic, PCC iron. Kedua non IPSC A(tidak bersertifikat) dengan kategori pistol kategori putra dan pistol kategori putri," ungkapnya.

Kemudian, Trunoyudo menyebut kategori lomba yang ketiga yakni bidang tembak eksekutif atau duel plat yang diikuti oleh peserta dari TNI/Polri dan para pimpinan Kementerian/Lembaga serta media.

Di mana bidang tembak ini dibagi menjadi 7 kategori, yaitu kategori VVIP (bintang 4 dan bintang 3) dan dan VVIP, kategori PJU Mabes Polri, Kapolda dan Wakapolda, kategori Jenderal (4 Angkatan), kategori Pemred dan media, kategori Pamen, kategori Pama dan Bintara atau Tamtama dan terakhir kategori Polwan.

Lebih lanjut, Trunoyudo mengatakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajaran pejabat lainnya bakal hadir di puncak acara pada Sabtu (13/7) mendatang.

Baca juga: Wakili Jenderal Listyo Sigit, Dankor Brimob Buka Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup ke-5 di Mabes TNI

"Peserta dalam kategori menembak ini, sudah sebanyak 1095 peserta, yang terdiri dari kategori menembak sasaran sebanyak 582 peserta. Kemudian kategori tembak duel plat sebanyak 199 peserta, dan kategori tembak reaksi sebanyak 714 peserta," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas