Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Tugas di IKN, 76 Calon Paskibraka Jalani Ritual Potong Rambut

Ia juga mengatakan pemotongan rambut tidak hanya putri yang tidak berhijab, melainkan untuk Paskibraka yang menggunakan hijab juga.

Penulis: willy Widianto
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Jelang Tugas di IKN, 76 Calon Paskibraka Jalani Ritual Potong Rambut
Istimewa
Calon paskibraka 2024 menjalani ritual potong rambut 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 76 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2024 melaksanakan prosesi pemotongan rambut di Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Cibubur, Jawa Barat, Minggu (14/7/2024).

Mereka mengaku rela dipotong hingga tipis demi tugas negara sebagai Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT ke-79 RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 nanti.

Misalnya calon Paskibraka asal Papua, Bergitja Rabania Dimara yang mengaku tidak masalah karena selain peraturan sebagai Paskibraka juga tugas negara.

"Tidak apa-apa, ini karena sudah aturannya, rasanya enakan jadi lebih ringan juga kepalanya," ujarnya, Senin(15/7/2024).

Bahkan, mereka mengaku senang karena sudah biasa dari tingkat Sekolah, Kabupaten sampai Provinsi, ukuran rambutnya pendek.

"Kami dipotong rambutnya sudah biasa," pungkasnya.

Baca juga: Anggota DPR Kritik Keras HGU Diobral hingga 190 Tahun ke Investor: Ini Namanya IKN for Sale,

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Madya BPIP Yelvi Azwita, S.E., M.M., sebagai penanggung jawab mengatakan, pemotongan rambut tersebut bagian dari sikap tampang Paskibraka, selain kebersihan badan serta kerapian dan kebersihan pakaian juga kerapian rambut baik putra maupun putri.

BERITA TERKAIT

"Ini sudah ketentuan sebagai Paskibraka, kalau ukuran rambut Paskibraka putra perbandingan 3:2:1 sentimeter sedangkan putri 1 sentimeter di atas kerah baju bagian belakang atau 3 sentimeter di bawah telinga," paparnya.

Ia juga mengatakan pemotongan rambut tidak hanya putri yang tidak berhijab, melainkan untuk Paskibraka yang menggunakan hijab juga.

"Karena hal tersebut diatur dalam Perban BPIP yaitu ketentuan tata pakaian sikap tampang paskibraka pada pelaksanaan tugas Paskibraka", ucapnya.

Dirinya berharap seluruh Paskibraka memiliki fisik yang prima dan penampilan yang sempurna.

"Karena nanti semua mata seluruh rakyat Indonesia bahkan luar negeri tertuju kepada mereka", ujarnya.

Baca juga: BPIP Siapkan Hunian untuk Paskibraka yang Bertugas pada Upacara HUT RI di IKN

Yelvi juga memastikan Calon Paskibraka akan dipotong rambutnya sebanyak dua kali, saat mengikuti pendidikan dan pelatihan dan mendekati hari sebelum bertugas pada upacata peringatan HUT RI.

"Potong rambut dilakukan dua kali, hari ini dan mendekati HUT RI, biasanya dilaksanakan sebelum gladi bersih", tutupnya. 

Senada dikatakan Ketua Duta Pancasila Paskibraka Indonesia DPPI Yuslihayanti, ia menegaskan pemotongan rambut tersebut sebagai upaya penyeragaman Paskibraka dan sudah diatur dalam Peraturan BPIP.

Ia menjelaskan sikap tampang dan keseragaman ini sudah berlaku sejak awal ada Paskibraka di Indonesia. Menurutnya tidak hanya sikap tampang tetapi juga atribut atau pakaian. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas