Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MUI Ingatkan Pemerintah Indonesia Jaga Muruah, Jangan Bertemu Tokoh Israel

Sebelumnya, diketahui lima orang kader Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog beberapa pada 3 Juli lalu. 

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in MUI Ingatkan Pemerintah Indonesia Jaga Muruah, Jangan Bertemu Tokoh Israel
Tribunnews.com/Mario Christian Sumampaow
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim saat diwawancarai di sela-sela aksi Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP) menolak keikutsertaan Israel dalam Olimpiade Paris 2024 di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Minggu (21/7/2024). 

MUI Minta Pemerintah Jaga Muruah, Jangan Bertemu Tokoh Israel

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim meminta pemerintah Indonesia menjaga nama baik atau muruah dengan tidak melakukan komunikasi dengan tokoh Israel.




Hal itu Sudarnoto sampaikan dalam unjuk rasa penolakan keikutsertaan Israel dalam Olimpiade Paris 2024.

Aksi yang diinisiasi oleh Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP) ini berlangsung di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Minggu (21/7/2028). 

“Majelis Ulama Indonesia bersama seluruh warga yang hadir di sini maupun yang tidak hadir di sini ingin menyampaikan pandangan,” ujar Sudarnoto.

“Agar pemerintah menjaga muruah bangsa ini, terbebas dari para pengkhianat yang telah melakukan pembicaraan dengan tokoh Israel,” ia menambahkan. 

BERITA TERKAIT

Sebab hal tersebut, lanjutnya, sangat bertentangan dengan ideologi Pancasila, kemanusiaan, dan juga hukum internasional. 

Baca juga: Profil Organisasi Rahim, Benarkah Jadi Dalang Pertemuan 5 Kader NU dengan Presiden Israel?

Sebelumnya, diketahui lima orang kader Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog beberapa pada 3 Juli lalu. 

Padahal, di saat bersamaan, Israel masih gencar melancarkan agresi hingga genosida ke Gaza Palestina belakangan ini yang mengakibatkan banyak korban sipil tewas.

Para Nahdliyin itu adalah Zainul Maarif, Munawir Aziz, Sukron Makmun, Nurul Bahrul Ulum, dan Izza Annafisah Dania. Berdasarkan iformasi terbaru, kelimanya itu sudah diberhentikan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas