Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kompolnas Dorong Pemerintah Serius Tangani Maraknya Pemalsuan STNK

Kompolnas dorong pemerintah serius memperhatikan maraknya pemalsuan surat tanda nomor kendaraan (STNK) supaya tindak kejahatan itu tidak terus terjadi

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Kompolnas Dorong Pemerintah Serius Tangani Maraknya Pemalsuan STNK
Tribunnews/Mario Sumampow
FGD Kompolnas membahas Undang-Undang 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Bina Karna Auditorium Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Kepolisian Indonesia (Kompolnas) mendorong pemerintah serius dalam memperhatikan maraknya pemalsuan surat tanda nomor kendaraan (STNK) supaya tindak kejahatan itu tidak terus berulang. 

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner Kompolnas Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar melalui sambutannya dalam sebuah forum group discussion (FGD) yang diadakan Kompolnas di salah satu hotel di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2024). 

“Upaya pencegahan dan antisipasi penyalahgunaan tanda nomor kendaraan bermotor yang menjadi perhatian serius bagi pemerintah, harus dilakukan agar tidak terus berulang,” ujar Benny. 

“Salah satu jenis kejahatan yang sering terjadi saat ini yaitu pemalsuan surat tanda nomor kendaraan atau tanda nomor khusus bagi kendaraan dinas,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pemalsuan itu kerap dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab pun masyarakat yang mencari keuntungan pribadi.

Maka dari itu, melalui FGD yang berfokus pada Undang-Undang 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Benny berharap dapat ditemukannya solusinya melalui sanksi tegas sesuai ketentuan perundang-undangan. 

Baca juga: Pakai Baju Tahanan, Pengemudi Toyota Fortuner Berpelat Dinas TNI Palsu Hanya Bisa Menunduk

“Oleh karena itu Kompolnas memandang perlu diselenggarakan focus group discussion ini guna mendapatkan pemikiran, masukan, dan saran agar problema untuk permasalahan tersebut dapat diselesaikan,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas