Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DAP: Seluruh Senator Asal Papua Harus Dukung Anak Papua jadi Pimpinan DPD RI

Merespons hal itu, Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Mananwir Yan Pieter Yarangga menegaskan, seluruh senator asal Papua harus mendukung anak-anak adat

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in DAP: Seluruh Senator Asal Papua Harus Dukung Anak Papua jadi Pimpinan DPD RI
Istimewa
Ketua Dewan Adat Papua, Yan Pieter Yarangga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Senator terpilih asal Papua Barat Daya, Paul Finsen Mayor yang mengeklaim diri sebagai Dewan Adat Papua wilayah III Doberai menyebut tak ada kesepakatan para senator asal Papua untuk mendukung Yorrys Raweyai menjadi Pimpinan DPD RI.

Merespons hal itu, Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Mananwir Yan Pieter Yarangga menegaskan, seluruh senator asal Papua harus mendukung anak-anak adat Papua maju sebagai pimpinan DPD RI.




“Saya mau katakan sebagai Dewan Adat Papua, kami pasti mendukung anak-anak adat Papua yang hendak maju menjadi pimpinan DPD RI,” kata Yan Pieter, dalam keterangannya kepada wartawan Jumat (26/7/2024).

“Hari ini pemekaran itu ada 24 orang anggota DPD representasi dari tanah Papua dari 6 Provinsi. Jadi, layak memang kalau ada anggota DPD dari tanah Papua bisa menjadi Pimpinan di DPD RI,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dewan Adat Papua (DAP), Leonard Imbiri meminta seluruh senator asal tanah Papua untuk bersatu, mendukung anak adat Papua untuk maju menjadi Pimpinan DPD RI. Rekam jejak pemikiran dan perjuangan Yorrys untuk tanah Papua sudah tidak diragukan lagi.

“Saya mengimbau kepada seluruh anggota DPD asal Papua untuk bersatu membantu proses pemilihan anak Papua menjadi pimpinan di DPD RI,” pungkas Yan Pieter.

Baca juga: Tutupi Masker, Anggota DPR Ujang Iskandar Dikabarkan Operasi Wajah di Vietnam Sebelum Ditangkap

BERITA TERKAIT

Diberitakan, anggota DPD RI terpilih dari Papua masa bakti 2024-2029 membantah kabar yang beredar bahwa Yorrys Raweyai didaulat semua anggota DPD RI terpilih se-Papua untuk menjadi Pimpinan DPD RI, sedangkan Filep Wamafma akan diusung sebagai Wakil Ketua MPR RI dari utusan DPD RI. 

Kabar dukungan itu beredar usai Yorrys dan Filep menggelar acara Forum Komunikasi dan Aspirasi Masyarakat Papua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI For Papua yang mengundang Anggota DPD terpilih se-tanah Papua periode 2024-2029 pada Jumat (24/5/2024) lalu. 

Mewakili anggota terpilih lainnya, Paul Finsen Mayor (Papua Barat Daya) dan Pdt. David Harold Waromi (Papua) menjelaskan bahwa narasi tersebut tidak benar. 

"Bahwa dalam acara MPR RI for Papua itu tidak ada kebulatan tekad dan kesepakatan apapun terkait dukungan terhadap Yorrys sebagai pimpinan DPD RI maupun Filep menjadi Wakil Ketua MPR dari DPD RI," kata Paul Finsen Mayor, kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas