Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendikbudristek: Kreativitas Mahasiswa Vokasi Telah Dimanfaatkan di Luar Negeri

Mendikbudristek, Nadiem Makarim mengatakan, pendidikan vokasi telah mampu menghasilkan produk-produk dalam negeri yang dimanfaatkan hingga luar negeri

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Mendikbudristek: Kreativitas Mahasiswa Vokasi Telah Dimanfaatkan di Luar Negeri
HANDOUT
Mendikbudristek Nadiem Makarim memberikan sambutan pada acara Anugerah Merdeka Belajar 2024. Gelaran tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan besar lainnya, yakni Festival Kurikulum Merdeka yang digelar di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (5/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendikbudristek, Nadiem Makarim, mengatakan ekosistem inovasi di satuan-satuan pendidikan vokasi terus dikuatkan.

Pendidikan vokasi, kata Nadiem, mampu menghasilkan produk-produk dalam negeri yang dimanfaatkan hingga luar negeri.

"Dengan menguatkan pendidikan vokasi, kita turut menumbuhkan rasa bangga atas produk buatan Indonesia. Mari terus lanjutkan Gernas BBI/BBWI dan gerakan memajukan pendidikan Indonesia," ujar Nadiem.

Hal tersebut diungkapkan oleh Nadiem pada Seremoni Harvesting Gernas BBI/BBWI X Vokasifest 2024.

Menurut Nadiem, saat ini Kemendikbudristek terus melakukan berbagai terobosan untuk menguatkan ekosistem inovasi di pendidikan vokasi.

Salah satunya adalah melalui program SMK Pusat Keunggulan yang telah dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 1,7 juta peserta didik di seluruh Indonesia.

BERITA TERKAIT

"Manfaat tersebut di antaranya adalah memberikan kesempatan yang lebih luas untuk melakukan praktik kerja lapangan di dalam berbagai perusahaan kelas dunia dan melakukan pembelajaran yang lebih relevan dengan implementasi Kurikulum Merdeka," ucap Nadiem.

Selain itu, di jenjang pendidikan tinggi, mahasiswa vokasi juga mendapatkan kemerdekaan yang lebih luas untuk belajar di luar kampus melalui program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yuliati, mengatakan bahwa sebagai ajang tahunan, Vokasifest 2024 menjadi ajang untuk memperkenalkan pendidikan vokasi sebagai solusi dalam menghadapi berbagai tantangan dan persoalan di masyarakat.

"Kami hadir di seluruh lini, bahwa pendidikan vokasi tidak hanya menyiapkan lulusan yang siap bekerja tetapi juga menjawab berbagai tantangan termasuk kewirausahaan," kata Kiki.

Pendidikan vokasi, kata Kiki, bisa menjadi mitra bagi para usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bisa maju bersama.

Melalui pengembangan riset terapan, insan vokasi mampu berkontribusi dan menyelesaikan masalah nyata di dunia usaha dan dunia industri (DUDI), termasuk UMKM.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas