Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Eks Komisioner Komnas HAM Choirul Anam Daftar Kompolnas: Minimal Tak Ada Tagar No Viral No Justice

Eks Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam ternyata ikut mendaftarkan diri menjadi calon anggota Kompolnas periode 2024-2028.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Eks Komisioner Komnas HAM Choirul Anam Daftar Kompolnas: Minimal Tak Ada Tagar No Viral No Justice
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Eks Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam ternyata ikut mendaftarkan diri menjadi calon anggota Kompolnas periode 2024-2028. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Eks Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam ternyata ikut mendaftarkan diri menjadi calon anggota Kompolnas periode 2024-2028.

Hal ini diketahui usai melakukan tes tulis yang dilakukan panitia seleksi (pansel) Kompolnas di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan pada Selasa (30/6/2024).

Anam mengatakan pendaftaran dirinya tersebut bukan kemauan sendiri melainkan adanya dorongan dan dukungan dari kerabatnya.

"Jadi ini tidak semata mata kemauan harus diletakan tidak semata mata kemauan pribadi, tetapi harus diletakan semata-mata untuk kepentingan perbaikan bangsa dan negara kita," kata Anam kepada wartawan, Selasa.

Adapun dalam tes tertulis tersebut, Anam mengaku lebih mengedepankan akuntabilitas atau tanggung jawab anggota Kompolnas yakni melakukan pengawasan kepada Korps Bhayangkara.

"Kalau toh seandainya Kompolnas itu profesional, enggak akan maksimal kalau polisinya juga tidak profesional, sehingga itu semuanya terkait," ungkapnya.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya, Anam juga mempunyai harapan untuk memperbaiki semua aspek baik di Kompolnas itu sendiri maupun di tubuh Polri sebagai pengawas eksternal.

"Semangatnya adalah bagaimana mendorong tata kelola Kepolisian yang baik, ya semoga kita bisa berkontribusi dalam konteks itu," tuturnya.

"Apalagi tantangan terbesar kepolisian adalah bagaimana menjadikan dia teman-teman kepolisian semakin lama semakin profesional. Minimal tidak ada lagi tagar no viral no justice misalnya," sambungnya.

Selain itu, Anam juga membawa misi untuk bagaimana Kompolnas bisa mendorong pencegahan terhadap penyiksaan. Bagaimana, kedepan Polri memiliki sarana maksimal untuk zero tolerance soal penyiksaan.

"Nah akuntabilitas salah satunya diukur dengan sarana dan prasarana ada atau tidak. Nah itu yang saya dorong, jadi saya itu gedenya ngomong soal akuntabilitas, akuntabilitas itu tidak hanya soal pertanggungjawaban tapi soal pelibatan masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Cerita Eks Komisioner Komnas HAM Choirul Anam Kepincut Masuk TPN Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Dalam hal ini, sisa 107 dari 137 orang termasuk Anam yang mendaftar pada tahap tes tertulis untuk menjadi calon anggota Kompolnas periode 2024-2028.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas