Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cegah Bencana Pesisir 50 Ribu Pohon Mangrove Ditanam di 14 Kota

Mangrove memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir yang sehat, bertindak sebagai penghalang alami terhadap badai dan mengurangi erosi.

Editor: willy Widianto
zoom-in Cegah Bencana Pesisir 50 Ribu Pohon Mangrove Ditanam di 14 Kota
IST
Penanaman pohon mangrove di pantai menjadi sangat penting guna mencegah terjadinya bencana pesisir serta permasalahan lingkungan yang kerap terjadi yaitu minimnya penghijauan, abrasi dan polusi. Atas dasar itulah PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan penanaman lebih dari 50.000 pohon mangrove di 14 titik secara serentak. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penanaman pohon mangrove di pantai menjadi sangat penting guna mencegah terjadinya bencana pesisir serta permasalahan lingkungan yang kerap terjadi yaitu minimnya penghijauan, abrasi dan polusi. Atas dasar itulah PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan penanaman lebih dari 50.000 pohon mangrove di 14 titik secara serentak.

Baca juga: Dukung Target Nasional Rehabilitasi Lahan Mangrove, Harita Nickel Kembali Gandeng Kemenko Marves

Keempat belas kota tersebut antara lain Makassar, Lamongan, Pekanbaru, Mataram, Ambon, Tegal, Banjarmasin, Semarang, Cirebon, Jambi, Kendari, Bekasi, Yogyakarta dan Probolinggo.

Direktur Operasional PNM, Sunar Basuki meyakini dengan adanya gerakan PNM Peduli melalui penanaman mangrove ada banyak aspek kehidupan yang terdampak secara positif.




“Gerakan ini dapat membantu menekan bencana di pesisir. Yang lebih penting adalah bagaimana seluruh lapisan masyarakat mau ikut berkontribusi menjaga keberlangsungan ekosistem Mangrove itu sendiri,” jelas Sunar, Kamis(1/8/2024).

Baca juga: Hadapi Perubahan Iklim dan Persoalan Abrasi, 2.500 Mangrove Ditanam di Pesisir Utara Bekasi

Mangrove memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir yang sehat, bertindak sebagai penghalang alami terhadap badai, mengurangi erosi pantai dan menyediakan habitat bagi berbagai spesies laut dan darat.

Selain itu, dengan menanam mangrove kita dapat mendukung komunitas lokal untuk menciptakan lapangan kerja dan mendukung ekonomi lokal melalui ekowisata.

Baca juga: Hadir di Acara Parade 300 Perahu, Hashim Singgung Masalah Abrasi di Muara Gembong

“Ekowisata ini bisa menambah pendapatan masyarakat pesisir. Jika dirawat dengan baik, semakin banyak pengunjung yang datang, tentunya akan sangat berdampak pada ekonomi mereka,” tambahnya.

BERITA TERKAIT

Dengan langkah ini, PNM berupaya memberi makna bagi lingkungan dan meninggalkan warisan berupa lingkungan yang berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul 'Tekan Bencana di Pesisir, PNM Peduli Tanam 50.000 Pohon Mangrove'

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas