Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Faizal Assegaf Ragukan Ketulusan Permohonan Maaf Jokowi: Kerap Bohongi Publik

Presiden Jokowi menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan selama menjadi Presiden selama ini bersama Wapres Ma'ruf Amin

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Faizal Assegaf Ragukan Ketulusan Permohonan Maaf Jokowi: Kerap Bohongi Publik
Tribunnews.com/Rahmat Fajar Nugraha
Ketua Partai Nasional Gotong Royong (Negoro) Faizal Assegaf. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Negoro, Faizal Assegaf mengaku meragukan sikap jujur Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat selama kepemimpinannya selama ini.

Faizal pun mengatakan, sangat sulit mencari sikap jujur Jokowi dalam bernegara. Sebab, dia menilai sikap Jokowi selama ini tak mencerminkan pemimpin yang peduli terhadap rakyat.

"Penguasa yang terbukti berkali-berkali membohongi publik sangat diragukan bersikap jujur memohon maaf pada rakyat secara tulus," kata Faizal kepada Tribunnews, Sabtu (3/8/2024).

Baca juga: Kaesang Pangarep Nilai Permintaan Maaf Jokowi Hal Manusiawi

"Sebab itu membuat rakyat tidak akan percaya dengan pernyataan Jokowi meminta maaf di ruang publik," tambahnya.

Dia pun meyakini bahwa rakyat semakin melihat pernyataan maaf Jokowi sebagai puncak dari ekspresi kebohongan jelang lengser dari kekuasaan.

"Itu mustahil dan hanyalah intrik politik pencitraan," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Dia menambahkan, Jokowi sadar bahwa dirinya kelak turun dari kekuasaan akan menuai banyak tuntutan. Berbagai elemen rakyat makin bersuara keras mendesak dirinya diadili.

Sehingga, dia menilai permintaan maaf Jokowi merupakan modus basa-basi diujung kekuasaan.

"Akar masalah dan telah menimbulkan daya rusak dalam bernegara. Tidak bisa dihapus dengan kebohongan melalui drama permohonan maaf. Itu modus perilaku jahat dan licik," pungkasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara zikir dan doa bersama menyambut HUT ke-79 RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (1/8) malam.

Selain Presiden, hadir pula Wapres Ma'ruf Amin dan sejumlah anggota menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan selama menjadi Presiden selama ini bersama Wapres Ma'ruf Amin.

"Dalam kesempatan yang baik ini, di hari pertama bulan kemerdekaan, bulan Agustus, dengan segenap kesungguhan dan kerendahan hati, izinkanlah saya dan Profesor K.H. Ma'ruf Amin ingin memohon maaf yang sedalam-dalamnya atas segala salah dan khilaf selama ini, khususnya selama kami berdua menjalankan amanah sebagai Presiden Republik Indonesia dan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Jokowi.

Kepala Negara mengatakan sebagai seorang manusia, ia tidak mungkin dapat menyenangkan semua pihak.

Menurut Jokowi, ia hanya manusia biasa yang tidak sempurna.

"Kami juga tidak mungkin dapat memenuhi harapan semua pihak. Saya tidak sempurna, saya manusia biasa, kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas