Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dosen UIN Banten Motivasi Remaja Desa Melek Kuliah

Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Fitri Raya menilai pendidikan sebagai hal yang penting mewujudkan kemajua

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Dosen UIN Banten Motivasi Remaja Desa Melek Kuliah
Istimewa
Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Fitri Raya menilai pendidikan sebagai hal yang penting mewujudkan kemajuan generasi penerus bangsa Indonesia. Hal itu disampaikan Fitri saat menghadiri Seminar Pentingnya Pendidikan Tinggi bagi Remaja Desa di SMA Peduli Bangsa, Kolelet, Pandeglang, Jumat (9/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Fitri Raya menilai pendidikan sebagai hal yang penting mewujudkan kemajuan generasi penerus bangsa Indonesia. 

Menurtnya, semakin mudah dan murah pendidikan, semakin kuat pula potensi SDM unggul akan dicapai.

Hal itu disampaikan Fitri saat menghadiri Seminar Pentingnya Pendidikan Tinggi bagi Remaja Desa di SMA Peduli Bangsa, Kolelet, Pandeglang, Jumat (9/8/2024).

Acara itu terselenggara berkat inisiasi dari Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Kelompok 45 UIN SMH Banten.

"Pendidikan itu penting karena bisa mengembangkan potensi diri, meningkatkan peluang, melek informasi dan bisa membantu mengatasi kemiskinan," kata Fitri di depan puluhan remaja Desa Kolelet.

Alumnus Universitas Islam Indonesia Yogyakarta itu menyatakan, pendidikan bukan saja dapat membantu menyelesaikan ragam persoalan pribadi, namun juga bisa menjadi solusi bagi orang lain.

BERITA TERKAIT

"Dengan pendidikan kita bisa menyelesaikan masalah kita sendiri serta bisa membantu menyelesaikan masalah orang lain. Dan yang paling penting buahnya pendidikan adalah matangnya jiwa yang dapat mewujudkan hidup dan penghidupan," ujarnya.

Fitri pun mendorong remaja Desa Kolelet untuk aktif mencari informasi terkait kuliah, tak terkecuali soal beasiswa. 

Menurutnya keterbukaan informasi saat ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh setiap generasi muda.

"Kalau zaman saya dulu internet masih susah, harus ke Warnet, HP belum secanggih saat ini. Nah seharusnya ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh adik-adik. Banyak sekali informasi kampus sampai berbagai macam beasiswa bisa diakses dengan mudah," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pemerintah Desa Kolelet, Jejen mengapresiasi seminar tersebut. 

Dia menilai kegiatan semacam ini dapat menambah pemahaman dan motivasi bagi remaja tentang pentingnya pendidikan tinggi.

Baca juga: Guru Besar UIN Jakarta Soroti Aturan Penyediaan Alat Kontrasepsi Bagi Remaja di PP Kesehatan

"Ini ilmu baru yang mungkin tidak bisa didapatkan adik-adik di ruang kelas. Lulus sekolah, pada ingin kuliah. Wah nggak punya biaya, jangan takut, pasti ada solusinya. Yang penting kemauan adik-adik dulu untuk kuliah, itu ditata dulu," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas