Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alasan Elit Gerindra tentang Reshuffle Kabinet 2 Bulan Menjelang Jokowi Lengser

Masa jabatan Jokowi akan segera berakhir sekitar dua bulan lagi dan Dasco menilai pelantikan menteri baru di masa transisi memang diperukan.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Alasan Elit Gerindra tentang Reshuffle Kabinet 2 Bulan Menjelang Jokowi Lengser
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan soal reshuffle sejumlah menteri kabinet beserta sejumlah wakil menteri, hingga kepala lembaga, di sisa masa jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Masa jabatan Jokowi akan segera berakhir sekitar dua bulan lagi dan Dasco menilai pelantikan menteri baru di masa transisi memang diperukan.

"Kita perlukan untuk beberapa tempat yang perlu sinkronisasi sehingga memang kita minta agar tempat-tempat itu diisi terlebih dahulu," kata Dasco di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Dasco mengatakan bahwa dalam waktu dua bulan sebelum pergantian presiden, para menteri dan kepala badan yang dilantik harus maksimal bekerja.

"Ya saya kira dalam dua bulan ini kita maksimalkan agar dapat efektif dan efisien dalam melakukan sinkronisasi yang kita perlukan," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi ) melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada pagi ini, Senin, (19/8/2024). Selain merombak kabinet, Presiden Jokowi juga akan melantik sejumlah kepala lembaga baru.

BERITA TERKAIT

Mereka yang dilantik hari ini adalah Supratman Andi Atgas yang akan dilantik sebagai Menkumham menggantikan Yasonna Laoly.

Kemudian Bahlil Lahadalia akan dilantik jadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif. Selain itu Rosan Roeslani akan dilantik menjadi Menteri Investasi. Presiden juga akan melantik Taruna Ikrar sebagai Kepala BPOM dan Angga Raka Prabowo sebagai Wamen kominfo.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Lantik Bahlil Lahadalia Jadi Menteri ESDM Gantikan Arifin Tasrif

Jokowi juga akan melantik Kepala lembaga lembaga baru. Diantaranya Prof Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi dan Hasan Nasbi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Sebagian besar para pejabat yang akan dilantik telah tiba di Istana. Mereka diantaranya Hasan Nasbi, Rosan Roeslani, Supratman Andi Agtas, Taruna Ikrar, dan Angga Raka.

Baca juga: PKS Kritik Penggantian Menteri ESDM: Apa yang Diharapkan dari Kerja yang Nggak Sampai 2 Bulan?

“Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas